Nastira, Wike Widia (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X TKJ SMK Swata Al Mashum Kisaran T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182151007 COVER.pdf
Download (3MB)
2. NIM. 1182151007 APPROFAL SHEET.pdf
Download (3MB)
3. NIM. 1182151007 ABSTRACT.pdf
Download (3MB)
4. NIM. 1182151007 PREFACE.pdf
Download (3MB)
5. NIM. 1182151007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (3MB)
6. NIM. 1182151007 TABLES.pdf
Download (3MB)
7. NIM. 1182151007 ILLUSTRATION.pdf
Download (3MB)
8. NIM. 1182151007 APPENDICES.pdf
Download (3MB)
9. NIM. 1182151007 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM. 1182151007 CHAPTER V.pdf
Download (3MB)
14. NIM. 1182151007 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok pendekatan realita terhadap penyesuaian diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh bimbingan kelompok pendekatan realita terhadap penyesuaian diri siswa kelas X TKJ SMK Swasta Al Mashum Kisaran T.A 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Swasta Al Mashum Kisaran yang berjumlah 8 orang yang memiliki penyesusian diri rendah sedang dan tinggi. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengukur penyesuaian diri siswa. Berdasarkan hasil validasi dengan responden sebanyak 57 siswa dikelas XI TKJ1 dan XI TKJ2 diperoleh hasil angket penyesuaian diri berjumlah 40 butir item yang valid dan 13 item yang tidak valid. Setelah itu data di analisis mengunakan uji jenjang Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh bimbingan kelompok pendekatan realita terhadap penyesuaian diri siswa kelas X TKJ SMK Swasta Al Mashum Kisaran. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α =00,5, sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika nilai Jhitung>Jrabel dimana 6>4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Al Mashum Kisaran T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan kelompok Pendekatan Realita; Penyesuaian diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57435 |