Tambunan, Daniel A. Fernandez (2020) Kajian Tentang Hubungan Minat Masuk Pendidikan Kejuruan Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321009 COVER.pdf
Download (251kB)
2. NIM. 5133321009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (569kB)
3. NIM. 5133321009 ABSTRACT.pdf
Download (352kB)
4. NIM. 5133321009 PREFACE.pdf
Download (348kB)
5. NIM. 5133321009 TABLE OF CONTENT .pdf
Download (373kB)
6. NIM. 5133321009 LIST OF TABLES.pdf
Download (211kB)
7. NIM. 5133321009 LIST OF FIGURES.pdf
Download (210kB)
8. NIM. 5133321009 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (342kB)
9. NIM. 5133321009 CHAPTER I.pdf
Download (651kB)
13. NIM. 5133321009 CHAPTER V.pdf
Download (271kB)
14. NIM. 5133321009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (244kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan minat Masuk Pendidikan Kejuruan Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 30 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 30 orang siswa kelas X. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat masuk Pendidikan Kejuruan dan Kecerdasan Emosional. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai ujian. Jumlah instrumen angket Minat Masuk Pendidikan Kejuruan sebanyak 32 soal dan 30 soal yang valid dengan reliabilitas 0,869 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,443 dan nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,344. Hal ini berarti rhitung > rtabel, maka hipotesis diterima. Dan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,441 nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,344 . Hal ini berarti rhitung > rtabel, maka hipotesis diterima. Hasil analisis regresi sebagai berikut: Fh = 8,516 harga Ft = 3,316 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (8,516 ≥ 3,316). Bahwa persamaan regresi Y = 23,179 + 0,290 X1 + 0,280 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif antara Minat masuk Pendidikan Kejuruan dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima sebesar r = 0,602, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Menggambar Teknik; Minat Masuk Pendidikan Kejuruan; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:50 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57430 |