PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Ramadhani, Amanda Fadhilah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331038_Cover.pdf] Text
4193331038_Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4193331038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 4193331038_Abstrak.pdf] Text
4193331038_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4193331038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331038_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193331038_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331038_Daftar_Isi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4193331038_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331038_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193331038_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331038_Daftar_Gambar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193331038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4193331038_BAB_I.pdf] Text
4193331038_BAB_I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4193331038_BAB_V.pdf] Text
4193331038_BAB_V.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193331038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Ilmu kimia sebagai bagian dari sains memiliki karakterisitik yang dibangun dengan mengedepankan eksperimen. Namun kenyataan di lapangan beberapa sekolah tidak melaksanakan praktikum di laboratorium sebagaimana seharusnya yang disebabkan oleh banyak faktor. Penelitian ini merupakan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media virtual lab dalam pembelajaran larutan penyangga sebagai alternatif pengganti praktikum di sekolah. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kelas yang dibelajarkan dengan virtual lab dan kelas yang tidak dibelajarkan dengan virtual lab. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI MIPA MAS Amaliyah Sunggal tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah control group pretest- posttes design dan observasi ktivitas siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan virtual lab lebih baik karena adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional tanpa virtual lab. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 68,60 dengan kategori aktif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 58,53

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri terbimbing, Virtual lab, Aktivitas belajar, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:02
Last Modified: 22 May 2024 01:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57421

Actions (login required)

View Item
View Item