Ramadhani, Amanda Fadhilah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331038_Cover.pdf
Download (107kB)
4193331038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (404kB)
4193331038_Abstrak.pdf
Download (86kB)
4193331038_Kata_Pengantar.pdf
Download (208kB)
4193331038_Daftar_Isi.pdf
Download (206kB)
4193331038_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
4193331038_Daftar_Gambar.pdf
Download (99kB)
4193331038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (168kB)
4193331038_BAB_I.pdf
Download (248kB)
4193331038_BAB_V.pdf
Download (134kB)
4193331038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Ilmu kimia sebagai bagian dari sains memiliki karakterisitik yang dibangun dengan mengedepankan eksperimen. Namun kenyataan di lapangan beberapa sekolah tidak melaksanakan praktikum di laboratorium sebagaimana seharusnya yang disebabkan oleh banyak faktor. Penelitian ini merupakan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media virtual lab dalam pembelajaran larutan penyangga sebagai alternatif pengganti praktikum di sekolah. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kelas yang dibelajarkan dengan virtual lab dan kelas yang tidak dibelajarkan dengan virtual lab. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI MIPA MAS Amaliyah Sunggal tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah control group pretest- posttes design dan observasi ktivitas siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan virtual lab lebih baik karena adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional tanpa virtual lab. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 68,60 dengan kategori aktif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 58,53
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing, Virtual lab, Aktivitas belajar, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:02 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57421 |