Saputra, Irwan Hidayat (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengelasan Kelas X Teknik Pengelasan di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5132121006 COVER.pdf
Download (114kB)
2. 5132121006 PENGESAHAN.pdf
Download (243kB)
3. 5132121006 ABSTRAK.pdf
Download (139kB)
4. 5132121006 KATA PENGANTAR.pdf
Download (208kB)
5. 5132121006 DAFTAR ISI.pdf
Download (139kB)
6. 5132121006 DAFTAR TABEL.pdf
Download (110kB)
7. 5132121006 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (110kB)
8. 5132121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (110kB)
9. 5132121006 BAB I.pdf
Download (429kB)
13. 5132121006 BAB V.pdf
Download (204kB)
14. 5132121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (211kB)
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kelas X siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan di SMK N 14 Medan Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division. (STAD) sebagai sasaran utama. Penelitian ini berusaha untuk memaparkan upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 14 Medan Sumatera Utara dalam pembelajaran pengelasan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 14 Medan Kelas X Teknik Pengelasan dengan jumlah siswa 30 orang. Alat pengukuran yang digunakan berupa tes, baik tes tulis maupun tes lisan maupun tes perbuatan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran Pengelasan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Sedangkan aktivitas siswa diperoleh dengan melakukan pengamatan yang dilakukan observer. Hasil peneltian ini menunjukkan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 49,33 ketuntasan secara klasikal sebesar 20%. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 64,83 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 50% . Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 63,46% kategori cukup aktif. Dilihat dari indikator keberhasilan hasil belajar, siklus I belum berhasil dan perlu diperbaiki pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 73,66 dengan ketuntasan klasikal 83,33 %. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 84,61% kategori Aktif. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran STAD meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pengelasan siswa kelas X Teknik Pengelasan di SMK Negeri 14 Medan Sumatera Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran STAD; Penelitian Tindakan Kelas; Mata Pelajaran Pengelasan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ210.2 Mechanical devices and figures. Automata. Ingenious mechanisms. Robots (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:20 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57413 |