Sihombing, Susi Prima Br. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153341019 COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM 5153341019 APROVAL SHEET.pdf
Download (879kB)
3. NIM 5153341019 ABSTRACT.pdf
Download (114kB)
4. NIM 5153341019 PREF ACE.pdf
Download (294kB)
5. NIM 5153341019 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (265kB)
6. NIM 5153341019 TABLES.pdf
Download (176kB)
7. NIM 5153341019 ILLUSTRATION.pdf
Download (206kB)
8.NIM 5153341019 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9. NIM 5153341019 CHAPTER I.pdf
Download (463kB)
13. NIM 5153341019 CHAPTER V.pdf
Download (231kB)
14. NIM 5153341019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (213kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui :1) Untuk mengetahui hasil belajar dasar desain dengan menggunakan model pembelajaran direct intruction. 2) Untuk mengetahui hasil belajar dasar desain setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis portofolio di kelas X SMK Negeri 8 Medan. 3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hasil belajar dasar desain di kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan, Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel teknik Random Sampling (secara acak) yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kelas secara acak, untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas X Tb 1 dan X Tb2 dengan menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan untuk kelas eksperimen tergolong tinggi yaitu 50 %. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar dasar desain untuk kelas kontrol tergolong rendah 56,7% Untuk uji normalitas data menggunakan rumus liliefofors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 29, diperoleh data hasil belajar dasar desain kelas berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (- 0,01< 0,161) dan kelas kontrol berdistribusi normal karena Lhitung< Ltabel (- 0,20 < 0,161). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabel (1,39<1,85.) sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 13,79 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk= 58 sebesar 1,67. Dengan demikian thitung >ttabel (13,79>1,67).Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Protofolio Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat dilihat bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif baik digunakan di SMK Negeri 8 Medan terutama dalam mata pelajaran dasar desain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Dasar Desain |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57404 |