PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DI SMA NEGERI 2 KABANJAHE

Sitepu, Ribka Zelin Margaretha (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DI SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111056_Cover.pdf] Text
4191111056_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4191111056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4191111056_Abstrak.pdf] Text
4191111056_Abstrak.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 4191111056_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111056_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4191111056_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111056_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4191111056_BAB_I.pdf] Text
4191111056_BAB_I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4191111056_BAB_V.pdf] Text
4191111056_BAB_V.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 4191111056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan sebuah produk LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang valid,praktis,dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) proses penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran pendekatan matematika realistik. Jenis Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan tahapan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang diadaptasi menjadi 3D meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-Mipa 1 SMAN 2 Kabanjahe berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data digunakan berupa angket dan tes kemampuan komunikasi matematis .Berdasarkan penelitian yang dilakukan,kevalidan LKPD memperoleh rata-rata penilaian sebesar 89,47% oleh ahli materi dan 88,15% oleh ahli media dengan kualifikasi sangat valid. Melalui angket kepraktisan LKPD oleh guru dan siswa diperoleh rata-rata 90,27% oleh guru dan 92,12% oleh siswa dengan kualifikasi sangat praktis.Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan LKPD dengan PMR dilakukan untuk melihat keefektifan LKPD memperoleh hasil, yakni ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,67%,ketercapaian tujuan pembelajaran tercapai pada butir soal 1,2,3,4 dan 5 dan pencapaian waktu pembelajaran efisien, dari acuan penilaian keefektifan tersebut maka LKPD yang dikembangkan tergolong efektif. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang terjadi adalah peningkatan dalam kategori sedang dengan rata-rata gain score 0,632.Berdasarkan data diperoleh, disimpulkan LKPD dengan PMR yang dikembangkan memenuhi kualifikasi valid,praktis dan efektif. Berdasarkan analisis proses jawaban siswa terhadap tes kemampuan komunikasi matematis siswa berkategori baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menuelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam berhitung. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan LKPD dengan PMR untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sit p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 08:02
Last Modified: 21 May 2024 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57396

Actions (login required)

View Item
View Item