Purwanti, Ignasia (2022) PENGARUH KEMAMPUAN MENGGAMBAR SKETSA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANIMASI DIGITAL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ANIMASI SMK NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133151014 COVER.pdf
Download (68kB)
2. NIM 2133151014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 2133151014 ABSTRACT.pdf
Download (36kB)
4. NIM 2133151014 PREFACE.pdf
Download (156kB)
5. NIM 2133151014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (97kB)
6. NIM 2133151014 TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM 2133151014 ILLUSTRATION.pdf
Download (35kB)
8. NIM 2133151014 APPENDICES.pdf
Download (237kB)
9. NIM 2133151014 CHAPTER I.pdf
Download (233kB)
13. NIM 2133151014 CHAPTER V.pdf
Download (113kB)
14. NIM 2133151014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (117kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan enggambar sketsa terhadap kemampuan menggambar animasi siswa kelas XI Jurusan Animasi SMK Negeri 9 Medan. batasan masalah dalam penelitian ini berfokus pada karya animasi digital 2D berdurasi 10 detik dengan ditinjau dari prinsip-prinsip animasi yaitu Straight a head and Pose to pose. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan jurusan animasi dengan jumlah 60 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 2 kelas dengan jumlah 20 karya dengan menggunakan teknik Clusster Random Sampling. Alasan dikarenakan jumlah siswa terlalu banyak sehingga penulis membatasi sampel. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti karya animasi digital 2D dengan prinsip animmasi straight a head and pose to pose. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil karya animasi siswa melalui chat whatsapp dikarenakan covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar sketsa pada pembelajaran animasi digital 2D memberikan dampak positif pada siswa yang diajar, karena mampu menjadikan siswa lebih aktif dan terampil dalam pelajaran animasi digital 2D. Terbukti meningkatnya rata-rata nilai belajar siswa dari 67,3 menjadi 79,3 dan berubahnya karya siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sketsa; Animasi Digital 2D; Prinsip Animasi; Seni Rupa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:56 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57388 |