PENGARUH KEMAMPUAN MENGGAMBAR SKETSA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANIMASI DIGITAL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ANIMASI SMK NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020

Purwanti, Ignasia (2022) PENGARUH KEMAMPUAN MENGGAMBAR SKETSA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANIMASI DIGITAL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ANIMASI SMK NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2133151014 COVER.pdf] Text
1. NIM 2133151014 COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2. NIM 2133151014 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2133151014 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 2133151014 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2133151014 ABSTRACT.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4. NIM 2133151014 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2133151014 PREFACE.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 5. NIM 2133151014 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2133151014 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 6. NIM 2133151014 TABLES.pdf] Text
6. NIM 2133151014 TABLES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. NIM 2133151014 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 2133151014 ILLUSTRATION.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8. NIM 2133151014 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 2133151014 APPENDICES.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 9. NIM 2133151014 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 2133151014 CHAPTER I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 13. NIM 2133151014 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 2133151014 CHAPTER V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 14. NIM 2133151014 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 2133151014 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan enggambar sketsa terhadap kemampuan menggambar animasi siswa kelas XI Jurusan Animasi SMK Negeri 9 Medan. batasan masalah dalam penelitian ini berfokus pada karya animasi digital 2D berdurasi 10 detik dengan ditinjau dari prinsip-prinsip animasi yaitu Straight a head and Pose to pose. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan jurusan animasi dengan jumlah 60 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 2 kelas dengan jumlah 20 karya dengan menggunakan teknik Clusster Random Sampling. Alasan dikarenakan jumlah siswa terlalu banyak sehingga penulis membatasi sampel. Dalam penelitian ini penulis akan meneliti karya animasi digital 2D dengan prinsip animmasi straight a head and pose to pose. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil karya animasi siswa melalui chat whatsapp dikarenakan covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar sketsa pada pembelajaran animasi digital 2D memberikan dampak positif pada siswa yang diajar, karena mampu menjadikan siswa lebih aktif dan terampil dalam pelajaran animasi digital 2D. Terbukti meningkatnya rata-rata nilai belajar siswa dari 67,3 menjadi 79,3 dan berubahnya karya siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sketsa; Animasi Digital 2D; Prinsip Animasi; Seni Rupa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 May 2024 07:56
Last Modified: 21 May 2024 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57388

Actions (login required)

View Item
View Item