Tarigan, Antonio Novranta (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183351038_cover.pdf
Download (73kB)
2. NIM. 1183351038_ LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Download (450kB)
3. NIM. 1183351038_ ABSTRACT.pdf
Download (150kB)
4. NIM. 1183351038_ KATA PENGANTAR.pdf
Download (213kB)
5. NIM. 1183351038_DAFTAR ISI.pdf
Download (180kB)
6. NIM. 1183351038_ DAFTAR TABEL.pdf
Download (111kB)
7. NIM. 1183351038_ DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (98kB)
8. NIM. 1183351038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (149kB)
9. NIM. 1183351038_ BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (486kB)
13. NIM. 1183351038_ BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Download (166kB)
14. NIM. 1183351038_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (226kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/ 2023 melalui bimbingan kelompok metode problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan bimbingan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun ajaran 2022/202, yang meliputi empat orang kategori rendah, tiga orang kategori sedang dan satu orang kategori tinggi . Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tedapat dua pertemuan di masing masing siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kuesioner, observasi dan pedoman wawancara .Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitiaan menunjukaan rata – rata peningkatan keseluruhan pertemuan pada tiap siklus sebesar 4,28 %, untuk lem-bar observasi, pada pertemuan pertama siklus I persentase analisis lembar observasi sebesar 84,61%, pertemuan kedua siklus, pertemuan kedua siklus I persentase analisis lembar observasi sebesar 88,46%, pertemuan pertama siklus II persentase analisis lembar observasi sebesar 92,30%, pertemuan kedua siklus II persentase analisis lembar observasi sebesar 96,13%. Dengan rata rata peningkatan sebesar 3,84 %. Dari analisis data angket dan lembar observasi yang menjadi indikator keberhasilan maka penelitian ini dikatakan berhasil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan kelompok metode problem based learning; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:37 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57377 |