Penerapan Bimbingan Kelompok Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Tarigan, Antonio Novranta (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183351038_cover.pdf] Text
1. NIM. 1183351038_cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1183351038_ LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
2. NIM. 1183351038_ LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1183351038_ ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 1183351038_ ABSTRACT.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1183351038_ KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 1183351038_ KATA PENGANTAR.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1183351038_DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 1183351038_DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1183351038_ DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 1183351038_ DAFTAR TABEL.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1183351038_ DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 1183351038_ DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1183351038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 1183351038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1183351038_  BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
9. NIM. 1183351038_ BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1183351038_ BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
13. NIM. 1183351038_ BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1183351038_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1183351038_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/ 2023 melalui bimbingan kelompok metode problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan bimbingan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 13 Medan Tahun ajaran 2022/202, yang meliputi empat orang kategori rendah, tiga orang kategori sedang dan satu orang kategori tinggi . Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tedapat dua pertemuan di masing masing siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kuesioner, observasi dan pedoman wawancara .Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitiaan menunjukaan rata – rata peningkatan keseluruhan pertemuan pada tiap siklus sebesar 4,28 %, untuk lem-bar observasi, pada pertemuan pertama siklus I persentase analisis lembar observasi sebesar 84,61%, pertemuan kedua siklus, pertemuan kedua siklus I persentase analisis lembar observasi sebesar 88,46%, pertemuan pertama siklus II persentase analisis lembar observasi sebesar 92,30%, pertemuan kedua siklus II persentase analisis lembar observasi sebesar 96,13%. Dengan rata rata peningkatan sebesar 3,84 %. Dari analisis data angket dan lembar observasi yang menjadi indikator keberhasilan maka penelitian ini dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan kelompok metode problem based learning; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 22 May 2024 01:37
Last Modified: 22 May 2024 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57377

Actions (login required)

View Item
View Item