Maylani, Feny (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP HARAPAN MEKAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191151020_Cover.pdf
Download (148kB)
4191151020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (443kB)
4191151020_Abstrak.pdf
Download (291kB)
4191151020_Kata_Pengantar.pdf
Download (223kB)
4191151020_Daftar_Isi.pdf
Download (223kB)
4191151020_Daftar_Tabel.pdf
Download (276kB)
4191151020_Daftar_Gambar.pdf
Download (280kB)
4191151020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (294kB)
4191151020_BAB_I.pdf
Download (398kB)
4191151020_BAB_V.pdf
Download (285kB)
4191151020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
Abstract
Based Learning (PjBL) terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi tata surya di kelas VII SMP Harapan Mekar. Penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan desain Pretest and Posttest Control Group Desain. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL dan kelas VII-B (Kelas Kontrol) tanpa model pembelajaran PjBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan tes pilihan berganda dan tes essay.Data dianalisis dengan menguji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest kemampuan kognitif berpikir kreatif pada kelas eksperimen masing-masing adalah 22,96 dan 78,33, dan pada kelas kontrol 20,74 dan 59,07. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan kognitif berpikir kreatif materi tata surya kelas VII SMP Harapan Mekar. Data nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas kontrol masing-masing adalah 38.51 dan 67.25, dan pada kelas eksperimen masing-masing adalah 38.37 dan 82.7. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan kognitif berpikir kreatif materi tata surya kelas VII SMP Harapan Mekar. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi tata surya di kelas VII SMP Harapan Mekar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PjBL, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57376 |