PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP HARAPAN MEKAR

Maylani, Feny (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP HARAPAN MEKAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191151020_Cover.pdf] Text
4191151020_Cover.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4191151020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 4191151020_Abstrak.pdf] Text
4191151020_Abstrak.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4191151020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151020_Kata_Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4191151020_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151020_Daftar_Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4191151020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191151020_Daftar_Tabel.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4191151020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191151020_Daftar_Gambar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4191151020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191151020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 4191151020_BAB_I.pdf] Text
4191151020_BAB_I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4191151020_BAB_V.pdf] Text
4191151020_BAB_V.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4191151020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (395kB)

Abstract

Based Learning (PjBL) terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi tata surya di kelas VII SMP Harapan Mekar. Penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan desain Pretest and Posttest Control Group Desain. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PjBL dan kelas VII-B (Kelas Kontrol) tanpa model pembelajaran PjBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan tes pilihan berganda dan tes essay.Data dianalisis dengan menguji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest kemampuan kognitif berpikir kreatif pada kelas eksperimen masing-masing adalah 22,96 dan 78,33, dan pada kelas kontrol 20,74 dan 59,07. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan kognitif berpikir kreatif materi tata surya kelas VII SMP Harapan Mekar. Data nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas kontrol masing-masing adalah 38.51 dan 67.25, dan pada kelas eksperimen masing-masing adalah 38.37 dan 82.7. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan kognitif berpikir kreatif materi tata surya kelas VII SMP Harapan Mekar. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi tata surya di kelas VII SMP Harapan Mekar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: PjBL, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:38
Last Modified: 21 May 2024 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57376

Actions (login required)

View Item
View Item