Grissinda, Vivie (2020) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Dolok Masihul. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133342005 COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM. 5133342005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (659kB)
3. NIM. 5133342005 ABSTRACT.pdf
Download (169kB)
4. NIM. 5133342005 PREFACE.pdf
Download (62kB)
5. NIM. 5133342005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (249kB)
6. NIM. 5133342005 LIST OF TABLES.pdf
Download (37kB)
7. NIM. 5133342005 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (36kB)
8. NIM. 5133342005 LIST OF FIGURES.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 5133342005 CHAPTER I.pdf
Download (333kB)
13. NIM. 5133342005 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
14. NIM. 5133342005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (64kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)Minat belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya.(2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya. (3)Hubungan minat belajar dengan hasil belajar Prakarya. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Dolok Masihul, Jumlah siswa sampel sebannyak 32 orang. Waktu penelitian pada bulan April – Juli 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif data, uji kecenderungan, Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji linieritas serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecendrungan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa prakarya termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentasi masing–masing sebesar 37,5% dan 56,25% berada dalam kategori cukup yang berarti siswa belum mampu memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan. Hasil analisis uji normalitas pada variabel minat belajar didapat X2 = 60,085, sedangkan hasil belajar prakarya X2 = -32,37, pada taraf signifikan 5 % berdistribusi normal. Hasil analisis uji lineritas dengan bentuk persamaan regresi Y = 2,69 + (0,72) X pada taraf 5 % koifisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel = (2,60 > 2,66). Jadi terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X) dengan Hasil belajar prakarya (Y) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,519> 0,349) dengan jumlah responden atau sampel sebanyak 32 siswa dengan taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa dari kedua variabel terdapat hubungan yang positif dan signifikan, dengan kata lain hipotesis pada penelitian ini dapat diterima dan dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar; Perasaan Senang; Perasaan Tertarik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:33 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57372 |