Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa

Damayanti, Tia (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216176005_Cover.pdf] Text
8216176005_Cover.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 8216176005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216176005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 8216176005_Abstrak.pdf] Text
8216176005_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 8216176005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216176005_Kata_Pengantar.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8216176005_Daftar_Isi.pdf] Text
8216176005_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8216176005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216176005_Daftar_Tabel.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8216176005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216176005_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8216176005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216176005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216176005_BAB_I.pdf] Text
8216176005_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 8216176005_BAB_V.pdf] Text
8216176005_BAB_V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8216176005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216176005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM terhadap keterampilan 4C siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu metode penelitian yang menghasikan sebuah produk dalam bidang keahlian tertentu. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ADDIE dimulai dengan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian menggunakan pendekatan dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, survei, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 10 butir tes pilihan berganda. Instrumen non tes yang dikembangkan terdiri dari lembar observasi siswa, lembar survei dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa uji kelayakan bahan ajar oleh validator memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91,17%, persentase uji kepraktisan bahan ajar oleh validator sebesar 90% dengan kategori sangat praktis, persentase uji keefektifan bahan ajar oleh guru dan siswa sebesar 88,75% dengan kategori sangat efektif dan pengembangan bahan ajar berbasis STEM berpengaruh pada peningkatan keterampilan 4C siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Dam p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, STEM, Critical Thinking, Creativity Thinking, Communication, Collaboration.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 07:25
Last Modified: 21 May 2024 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57365

Actions (login required)

View Item
View Item