Damayanti, Tia (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8216176005_Cover.pdf
Download (103kB)
8216176005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (574kB)
8216176005_Abstrak.pdf
Download (68kB)
8216176005_Kata_Pengantar.pdf
Download (316kB)
8216176005_Daftar_Isi.pdf
Download (244kB)
8216176005_Daftar_Tabel.pdf
Download (179kB)
8216176005_Daftar_Gambar.pdf
Download (176kB)
8216176005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (175kB)
8216176005_BAB_I.pdf
Download (432kB)
8216176005_BAB_V.pdf
Download (65kB)
8216176005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (420kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM terhadap keterampilan 4C siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu metode penelitian yang menghasikan sebuah produk dalam bidang keahlian tertentu. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ADDIE dimulai dengan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian menggunakan pendekatan dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, survei, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 10 butir tes pilihan berganda. Instrumen non tes yang dikembangkan terdiri dari lembar observasi siswa, lembar survei dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa uji kelayakan bahan ajar oleh validator memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91,17%, persentase uji kepraktisan bahan ajar oleh validator sebesar 90% dengan kategori sangat praktis, persentase uji keefektifan bahan ajar oleh guru dan siswa sebesar 88,75% dengan kategori sangat efektif dan pengembangan bahan ajar berbasis STEM berpengaruh pada peningkatan keterampilan 4C siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Dam p |
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, STEM, Critical Thinking, Creativity Thinking, Communication, Collaboration. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57365 |