PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI BRAIN BASED LEARNING DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Simorangkir, Putri Lolyta (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI BRAIN BASED LEARNING DI SMP NEGERI 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411019_Cover.pdf] Text
4192411019_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4192411019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4192411019_Abstrak.pdf] Text
4192411019_Abstrak.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4192411019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411019_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4192411019_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411019_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4192411019_BAB_I.pdf] Text
4192411019_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411019_BAB_V.pdf] Text
4192411019_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4192411019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran brain based learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran biasa (2) untuk mengetahui indikator mana yang membedakan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diberi model brain based learning dengan pembelajaran biasa yang diterapkan di SMP Negeri 24 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk essay. Sebelum menguji hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Setelah terbukti berdistribusi normal dan homogen maka diuji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran brain based learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran biasa. Terbukti dari thitung > ttabel yaitu 10,42546934 > 1,672.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sim p
Keywords: Berpikir kritis matematis; Brain based learning; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 07:24
Last Modified: 07 Jun 2024 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57358

Actions (login required)

View Item
View Item