Gisriani, Junija (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193321026_Cover.pdf
Download (62kB)
4193321026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (567kB)
4193321026_Abstrak.pdf
Download (102kB)
4193321026_Kata_Pengantar.pdf
Download (245kB)
4193321026_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
4193321026_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
4193321026_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
4193321026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
4193321026_BAB_I.pdf
Download (216kB)
4193321026_BAB_V.pdf
Download (83kB)
4193321026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (176kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis STEM pada materi optika geometri dan menganalisis kelayakan E-Modul ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-Modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik Pengumpulan data berupa angket kevalidan, respon guru fisika dan peserta didik, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika sebagai validator, serta guru fisika dan peserta didik kelas XI-2 dan XI-3 SMA Negeri 1 Aek Kuo. Hasil penelitian berupa tingkat kevalidan diperoleh persentase rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan E-Modul memperoleh kategori sangat praktis dengan rata-rata persentasenya 89% pada uji coba respon guru fisika, pada uji coba kelompok kecil 83,8% dan 86,1% pada uji coba kelompok besar. Tingkat keefektifan E-Modul diperoleh N-gain sebesar 0,71 dan persentase skor N-gain didapatkan sebesar 71,2% untuk pertemuan I. Untuk pertemuan II diperoleh N-gain ebesar 0,72 dan persentase skor N-gain didapatkan sebesar 72,2% yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan E-Modul berbasis STEM termasuk dalam kategori cukup efektif dilihat dari persentase skor N-gain. Dengan demikian, E-Modul berbasis STEM pada materi optika geometri ini dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, STEM, Optika Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:26 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57324 |