PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS XI SMA

Gisriani, Junija (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321026_Cover.pdf] Text
4193321026_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193321026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 4193321026_Abstrak.pdf] Text
4193321026_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4193321026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321026_Kata_Pengantar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4193321026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321026_Daftar_Isi.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193321026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321026_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4193321026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321026_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4193321026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4193321026_BAB_I.pdf] Text
4193321026_BAB_I.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4193321026_BAB_V.pdf] Text
4193321026_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193321026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis STEM pada materi optika geometri dan menganalisis kelayakan E-Modul ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-Modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik Pengumpulan data berupa angket kevalidan, respon guru fisika dan peserta didik, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika sebagai validator, serta guru fisika dan peserta didik kelas XI-2 dan XI-3 SMA Negeri 1 Aek Kuo. Hasil penelitian berupa tingkat kevalidan diperoleh persentase rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan E-Modul memperoleh kategori sangat praktis dengan rata-rata persentasenya 89% pada uji coba respon guru fisika, pada uji coba kelompok kecil 83,8% dan 86,1% pada uji coba kelompok besar. Tingkat keefektifan E-Modul diperoleh N-gain sebesar 0,71 dan persentase skor N-gain didapatkan sebesar 71,2% untuk pertemuan I. Untuk pertemuan II diperoleh N-gain ebesar 0,72 dan persentase skor N-gain didapatkan sebesar 72,2% yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan E-Modul berbasis STEM termasuk dalam kategori cukup efektif dilihat dari persentase skor N-gain. Dengan demikian, E-Modul berbasis STEM pada materi optika geometri ini dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, STEM, Optika Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:26
Last Modified: 21 May 2024 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57324

Actions (login required)

View Item
View Item