Gultom, Sarah Nadiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163331028 COVER.pdf
Download (117kB)
2. NIM. 5163331028 APPROVAL SHEET.pdf
Download (245kB)
3. NIM. 5163331028 ABSTRACT.pdf
Download (179kB)
4. NIM. 5163331028 PREFACE.pdf
Download (286kB)
5. NIM. 5163331028 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (138kB)
6. NIM. 5163331028 TABLES.pdf
Download (111kB)
7. NIM. 5163331028 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5163331028 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
9. NIM. 5163331028 CHAPTER I.pdf
Download (398kB)
13. NIM. 5163331028 CHAPTER V.pdf
Download (205kB)
14. NIM. 5163331028 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (194kB)
Abstract
Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran dasar lsitrik dan elektronika di SMK N 1 Percut Sei Tuan; (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Imelda Medan; (3) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang diajar model pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode eksperimen dengan menggunakan Posttest Design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 di SMK N 1 Percut Sei tuan berjumlah 30 orang siswa. Siswa kelas X Teknik Inslatasi Tenaga Listrik 1 Di SMK Imelda Medan berjumlah 28 orang siswa. Data yang kumpulkan adalah nilai posttest. Analisis perbedaan peningkatan menggunakan uji t tes. Hasil peneltian diketahui bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas X TITL-2 di SMK N 1 Percut Sei Tuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata 82,40 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 64. (2) hasil belajar siswa kelas X TITL-1 di SMK Imelda Medan dengan model pembelajaran Ekspositori nilai rata-rata 77,57 dengan nilai tertingii 88 dan nilai terendah 48. (3) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan model ekspositori. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu bahwa thitung ≥ttabel pada taraf siginifikan 0,05 ( 3,07 ≥ 1,67).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model koopeatif tipe jigsaw; ekspositori dan hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 05:17 |
Last Modified: | 21 May 2024 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57321 |