Sitompul, Indah Sri Ramadhani (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121010_Cover.pdf
Download (154kB)
4191121010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (842kB)
4191121010_Abstrak.pdf
Download (298kB)
4191121010_Kata_Pengantar.pdf
Download (276kB)
4191121010_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
4191121010_Daftar_Tabel.pdf
Download (256kB)
4191121010_Daftar_Gambar.pdf
Download (322kB)
4191121010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (258kB)
4191121010_BAB_I.pdf
Download (425kB)
4191121010_BAB_V.pdf
Download (280kB)
4191121010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (273kB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran guna mempermudah proses pembelajaran. Salah satunya yaitu memanfaatkan teknologi dalam pembuatan bahan ajar maupun media pembelajaran. Berdasarkan analisis awal yang peneliti dapatkan ternyata guru mata pelajaran fisika belum pernah menggunakan ataupun mengembangkan bahan ajar, sehingga pada penelitian ini dikembangkan suatu bahan ajar yakni E-LKPD. E-LKPD yang dikembangkan berorientasikan kepada pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi gelombang mekanik. Media pembelajaranan ini berbentuk PDF memuat materi, video pembelajaran dan kegiatan siswa yang dapat diakses menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini memakai model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 33 Siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni angket dan lembar tes peserta didik. Data penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari nilai validasi, angket responden serta n-gain pretest dan posttest peserta didik. Data kuantitatif diperoleh dari kritik dan saran validator. Hasil validasi media penelitian ini memenuhi kriteria valid dan layak untuk diuji coba dengan nilai dari validator ahli materi 87% dan validator ahli media 98%. Hasil kepraktisan media penelitian ini dikategorikan praktis dengan nilai respon guru/pendidik 95,04% dan nilai respon peserta didik 81,02%. Sedangkan hasil uji keefektifan media penelitian ini dikategorikan sedang dengan hasil n-gain sebesar 0,553. Manfaat yang didapatkan dari penelitian ini yaitu; menjadi pengalaman baru bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Menggunakan E-LKPD; menjadi sumber pengetahuan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi seperti flip pdf dalam membuat bahan ajar; dan pengembangan E-LKPD ini dapat digunakn dalam pembelajaran daring maupun tatap muka sehingga dapat menghemat penggunaan kertas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-LKPD, pembelajaran kooperatif tipe TPS, gelombang mekanik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:28 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57318 |