Aritonang, Bichar (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik Terhadap Kemampuan Kognitif dan Soft Skill Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A, 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5151131011 COVER.pdf
Download (46kB)
02. NIM. 5151131011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (963kB)
03. NIM. 5151131011 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
04. NIM. 5151131011 PREFACE.pdf
Download (65kB)
05. NIM. 5151131011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (271kB)
06. NIM. 5151131011 ILLUSTRATION.pdf
Download (211kB)
07. NIM. 5151131011 TABLES.pdf
Download (212kB)
08. NIM. 5151131011 APPENDICES.pdf
Download (315kB)
09. NIM. 5151131011 CHAPTER I.pdf
Download (408kB)
13. NIM. 5151131011 CHAPTER V.pdf
Download (220kB)
14. NIM. 5151131011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (243kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TITL pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik dan Ekspositori
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik sampel random sampling, dengan kelas XI TITL 1 sebagai kelompok model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik yang berjumlah 30 orang siswa dan kelas XI TITL 2 sebagai kelompok metode pembelajaran Ekspositori yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Dokumentasi; 2) wawancara; 3) Tes; . Instrumen penelitian berupa tes multiple choice berupa post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik dan Ekspositori terhadap hasil belajar siswa dengan mata pelajaran instalasi motor listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hal ini dibuktikan dangan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik sebesar 86,15 dan rata-rata soft skill 85,7 sedangkan pada kelas Ekspositori hasil belajar kognitif sebesar 78,65 dan rata-rata nilai soft skill sebesar 80,9. Hasil statistik uji-t hitung dengan taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung hasil belajar sebesar 4,071 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel. Hasil statistik uji-t soft skill dengan taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung 2,683 dan ttabel 2,002 sehingga thitung > ttabel. Model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik lebih tinggi bila diajarkan dibanding dengan metode pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan kognitif dan soft skill dengan mata pelajaran instalasi motor listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Kognitif; Kemampuan Soft Skill; Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik; Ekspositori |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 05:08 |
Last Modified: | 21 May 2024 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57314 |