Saragih, Hidayatul Ummi (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121015_Cover.pdf
Download (228kB)
4191121015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (725kB)
4191121015_Abstrak.pdf
Download (221kB)
4191121015_Kata_Pengantar.pdf
Download (350kB)
4191121015_Daftar_Isi.pdf
Download (223kB)
4191121015_Daftar_Tabel.pdf
Download (195kB)
4191121015_Daftar_Gambar.pdf
Download (337kB)
4191121015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (198kB)
4191121015_BAB_I.pdf
Download (465kB)
4191121015_BAB_V.pdf
Download (481kB)
4191121015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektifitas dari media e-modul berbasis android pada materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Depelopment) dengan desain penelitian menggunakan medel pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Desain, Development, Dessiminate). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 35 orang. Objek penelitian berupa e-modul berbasis android pada materi Momentum dan Impuls. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen wawancara, angket respon siswa dan guru, dan instrumen tes. Berdasarkan hasil (1) Uji kelayakan, diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi untuk e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 90.27% dengan kategori sangat layak dan kelayakan materi sebesar 98.80% dengan kategori sangat layak. (2) Ditinjau dari tingkat kepraktisan dapat dilihat dari respon guru dan peserta didik, untuk respon guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Dan respon peserta didik sebesar 89.13% dengan kategori sangat baik. (3) Adapun keefektifan e-modul dapat dilihat dari hasil uji n-gain, mendapat skor n-gain 0.93 dan persentase n-gain sebesar 92.71% dengan kategori efektif. Dengan ini bahwa e-modul fisika yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan pada pembelajaran fisika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, e-modul, Android |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:30 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57312 |