PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 14 MEDAN

Saragih, Hidayatul Ummi (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121015_Cover.pdf] Text
4191121015_Cover.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4191121015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of 4191121015_Abstrak.pdf] Text
4191121015_Abstrak.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4191121015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121015_Kata_Pengantar.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4191121015_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121015_Daftar_Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4191121015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121015_Daftar_Tabel.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4191121015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121015_Daftar_Gambar.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4191121015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4191121015_BAB_I.pdf] Text
4191121015_BAB_I.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 4191121015_BAB_V.pdf] Text
4191121015_BAB_V.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 4191121015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektifitas dari media e-modul berbasis android pada materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Depelopment) dengan desain penelitian menggunakan medel pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Desain, Development, Dessiminate). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 35 orang. Objek penelitian berupa e-modul berbasis android pada materi Momentum dan Impuls. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen wawancara, angket respon siswa dan guru, dan instrumen tes. Berdasarkan hasil (1) Uji kelayakan, diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi untuk e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 90.27% dengan kategori sangat layak dan kelayakan materi sebesar 98.80% dengan kategori sangat layak. (2) Ditinjau dari tingkat kepraktisan dapat dilihat dari respon guru dan peserta didik, untuk respon guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Dan respon peserta didik sebesar 89.13% dengan kategori sangat baik. (3) Adapun keefektifan e-modul dapat dilihat dari hasil uji n-gain, mendapat skor n-gain 0.93 dan persentase n-gain sebesar 92.71% dengan kategori efektif. Dengan ini bahwa e-modul fisika yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan pada pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, e-modul, Android
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:30
Last Modified: 21 May 2024 06:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57312

Actions (login required)

View Item
View Item