Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Siakad Sekolah Berbasis Android Pada SMA Negeri 4 Binjai

Harpil, M.Bayu Permana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Siakad Sekolah Berbasis Android Pada SMA Negeri 4 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3163321016_Cover.pdf] Text
3163321016_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 3163321016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3163321016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 3163321016_Abstrak.pdf] Text
3163321016_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 3163321016_Kata_Pengantar.pdf] Text
3163321016_Kata_Pengantar.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 3163321016_Daftar_Isi.pdf] Text
3163321016_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 3163321016_Daftar_Gambar.pdf] Text
3163321016_Daftar_Gambar.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 3163321016_Daftar_Tabel.pdf] Text
3163321016_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 3163321016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3163321016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 3163321016_BAB_I.pdf] Text
3163321016_BAB_I.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 3163321016_BAB_V.pdf] Text
3163321016_BAB_V.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 3163321016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3163321016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (442kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah validatori ahli (ahli materi dan ahli media), guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Binjai dan siswa kelas X di SMA Negeri 4 binjai yang terdiri dari 30 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan mentransformasikan data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran menggunakan Siakad Sekolah pada mata pelajaran sejarah di kelas X dengan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Impelemntation and Evaluation). Kelayakan media pembelajaran Siakad Sekolah di kelas X menghasilkan media pembelajaran yang valid oleh ahli materi dengan nilai presentase 91,66%, ahli media dengan nilai presentase 92,18% dan guru dengan nilai presentase 83,33%. Serta Hasil uji coba produk kelompok kecil diperoleh nilai presentase 84,09% dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai presentase 94,32%, Sehingga diperoleh hasil akhir bahwa media pembelajaran berbasis android berbantuan siakad untuk materi sejarah kelas X termasuk ke dalam kategori valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Siakad; Proses Islamisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 21 May 2024 06:02
Last Modified: 21 May 2024 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57308

Actions (login required)

View Item
View Item