PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 LIMA PULUH

Ritonga, Fina Aulia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 LIMA PULUH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173321019_Cover.pdf] Text
4173321019_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4173321019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173321019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of 4173321019_Abstrak.pdf] Text
4173321019_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4173321019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173321019_Kata_Pengantar.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of 4173321019_Daftar_Isi.pdf] Text
4173321019_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4173321019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173321019_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4173321019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173321019_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4173321019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173321019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4173321019_BAB_I.pdf] Text
4173321019_BAB_I.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 4173321019_BAB_V.pdf] Text
4173321019_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4173321019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173321019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika materi gerak lurus yang layak diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Lima Puluh, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar yang telah di kembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA N 1 Lima Puluh yang berjumlah 32 orang siswa. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dan pengembangan Research dan Development (R&D) dengan model 4D. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket uji respon guru serta respon siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 90,67 dengan kriteria layak, validasi ahli media medapatkan hasil rata-rata 91,60 demikian juga dengan validasi praktisi pendidikan yang dilakukan oleh guru fisika mendapatkan hasil rata-rata 90,81 dengan kriteria layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat hasil rata-rata 80,07 dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok besar mendapat hasil rata-rata 83,28 dengan kriteria sangat baik. Tingkat keefektifan bahan ajar baik dengan N-Gain diperoleh rata-rata 0,67 hal ini memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; bahan ajar; Contextual Teaching learning (CTL); Gerak lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:24
Last Modified: 21 May 2024 06:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57301

Actions (login required)

View Item
View Item