Ritonga, Fina Aulia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 LIMA PULUH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173321019_Cover.pdf
Download (77kB)
4173321019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (754kB)
4173321019_Abstrak.pdf
Download (207kB)
4173321019_Kata_Pengantar.pdf
Download (916kB)
4173321019_Daftar_Isi.pdf
Download (211kB)
4173321019_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
4173321019_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
4173321019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (175kB)
4173321019_BAB_I.pdf
Download (582kB)
4173321019_BAB_V.pdf
Download (237kB)
4173321019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (382kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika materi gerak lurus yang layak diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Lima Puluh, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar yang telah di kembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA N 1 Lima Puluh yang berjumlah 32 orang siswa. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dan pengembangan Research dan Development (R&D) dengan model 4D. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket uji respon guru serta respon siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 90,67 dengan kriteria layak, validasi ahli media medapatkan hasil rata-rata 91,60 demikian juga dengan validasi praktisi pendidikan yang dilakukan oleh guru fisika mendapatkan hasil rata-rata 90,81 dengan kriteria layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat hasil rata-rata 80,07 dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok besar mendapat hasil rata-rata 83,28 dengan kriteria sangat baik. Tingkat keefektifan bahan ajar baik dengan N-Gain diperoleh rata-rata 0,67 hal ini memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; bahan ajar; Contextual Teaching learning (CTL); Gerak lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:24 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57301 |