Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro Di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Ijonris, Yusuf (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro Di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122012_Cover.pdf] Text
8206122012_Cover.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 8206122012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 8206122012_Abstrak.pdf] Text
8206122012_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8206122012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122012_Kata_Pengantar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8206122012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8206122012_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122012_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8206122012_BAB_I.pdf] Text
8206122012_BAB_I.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 8206122012_BAB_V.pdf] Text
8206122012_BAB_V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8206122012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman berpengaruh pada dunia pendidikan, perlu dikembangkan media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis Computer Assisted Instruction (CAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk media pembelajaran berbasis CAI pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluated). Hasil penelitian pengembangan diperoleh media pembelajaran berbasis CAI yang sangat layak oleh ahli media dengan rata-rata (3,79), ahli materi (4,40), dan ahli desain (4,64) serta uji coba lapangan terhadap mahasiswa dengan rata-rata (4,14) tergolong tinggi. Dalam mengukur tingkat efektivitas menggunakan N-gain score yaitu 0.68 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: 371.33 Ijo p
Keywords: Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction (CAI), ADDIE
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 04:31
Last Modified: 21 May 2024 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57297

Actions (login required)

View Item
View Item