PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA

Pane, Cindy Claudia Sitorus (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321027_Cover.pdf] Text
4193321027_Cover.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4193321027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 4193321027_Abstrak.pdf] Text
4193321027_Abstrak.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4193321027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321027_Kata_Pengantar.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of 4193321027_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321027_Daftar_Isi.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4193321027_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321027_Daftar_Tabel.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4193321027_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321027_Daftar_Gambar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4193321027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4193321027_BAB_I.pdf] Text
4193321027_BAB_I.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 4193321027_BAB_V.pdf] Text
4193321027_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4193321027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretests-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas yang diambil yaitu XI 1 sebagai kelas kontrol dan XI 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 6 butir soal yang sudah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan alat peraga berpengaruh signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Berdasarkan uji N-gain diperoleh peningkatan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen adalah sebesar 64% dan di kelas kontrol adalah sebesar 56%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning, konvensional, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 04:06
Last Modified: 21 May 2024 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57286

Actions (login required)

View Item
View Item