PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA

Nasution, Mifta Aqila (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111022_Cover.PDF] Text
4191111022_Cover.PDF

Download (91kB)
[thumbnail of 4191111022_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
4191111022_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (79kB)
[thumbnail of 4191111022_Abstrak.PDF] Text
4191111022_Abstrak.PDF

Download (176kB)
[thumbnail of 4191111022_Kata_Pengantar.PDF] Text
4191111022_Kata_Pengantar.PDF

Download (150kB)
[thumbnail of 4191111022_Daftar_Isi.PDF] Text
4191111022_Daftar_Isi.PDF

Download (330kB)
[thumbnail of 4191111022_BAB_I.PDF] Text
4191111022_BAB_I.PDF

Download (400kB)
[thumbnail of 4191111022_BAB_V.PDF] Text
4191111022_BAB_V.PDF

Download (171kB)
[thumbnail of 4191111022_Daftar_Pustaka.PDF] Text
4191111022_Daftar_Pustaka.PDF

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pada penggunaan model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui pengaruh KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) mengetahui interaksi antara model discovery learning berbantuan geogebra dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh pada penggunaan model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tanjung Morawa, Dimana populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas VIII. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-2 yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan Geogebra dan kelas VIII-1 yang diajarkan dengan model konvensional. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model discovery learning berbantuan geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Kemampuan awal matematika siswa berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) model discovery learning berbantuan geogebra memberikan pengaruh sebesar 87,9% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen dan 12,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Keywords: Discovery learning; Geogebra; Pemahaman konsep matematis; Bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 04:05
Last Modified: 21 May 2024 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57283

Actions (login required)

View Item
View Item