Nasution, Mifta Aqila (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111022_Cover.PDF
Download (91kB)
4191111022_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (79kB)
4191111022_Abstrak.PDF
Download (176kB)
4191111022_Kata_Pengantar.PDF
Download (150kB)
4191111022_Daftar_Isi.PDF
Download (330kB)
4191111022_BAB_I.PDF
Download (400kB)
4191111022_BAB_V.PDF
Download (171kB)
4191111022_Daftar_Pustaka.PDF
Download (177kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pada penggunaan model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui pengaruh KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) mengetahui interaksi antara model discovery learning berbantuan geogebra dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh pada penggunaan model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tanjung Morawa, Dimana populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas VIII. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-2 yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan Geogebra dan kelas VIII-1 yang diajarkan dengan model konvensional. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model discovery learning berbantuan geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Kemampuan awal matematika siswa berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) model discovery learning berbantuan geogebra memberikan pengaruh sebesar 87,9% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen dan 12,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Discovery learning; Geogebra; Pemahaman konsep matematis; Bangun ruang sisi datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 04:05 |
Last Modified: | 21 May 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57283 |