PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE BLENDER BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS PADA KELAS XI IPA 5 DI SMA NEGERI 7 MEDAN

Siregar, Bukit Tua (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE BLENDER BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS PADA KELAS XI IPA 5 DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182121003_Cover.pdf] Text
4182121003_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4182121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4182121003_Abstrak.pdf] Text
4182121003_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4182121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4182121003_Daftar_Isi.pdf] Text
4182121003_Daftar_Isi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 4182121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4182121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4182121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4182121003_BAB_I.pdf] Text
4182121003_BAB_I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4182121003_BAB_V.pdf] Text
4182121003_BAB_V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4182121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validitas media video berbantuan software blender berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi fluida statis yang telah dikembangkan, (2) mengetahui tingkat kepraktisan media video berbantuan software blender berbasis contextual teaching (CTL) learning pada materi fluida statis yang telah dikembangkan. (3) mengetahui tingkat keefektifan media video berbantuan software blender berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi fluida statis yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik terhadap media video berbasis contextual teaching learning, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan video berbantuan software blender berbasis contextual teaching learning (CTL) yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli media dengan persentase 93,87% dan ahli materi 96,66%. (2) tingkat kepraktisan media video berbantuan software blender berbasisi contextual teaching learning yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon dari salah satu guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 92,5%. Respon peserta didik pada uji kelompok kejil dengan melibatkan 10 orang responden dengan persentase 82,75% termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dengan melibatkan 30 orang responden memperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis. (3) tingkat keefektifan media video berbantuan software blender berbasis contextual teaching learning (CTL) pada materi fluida statis di SMA Negeri 7 Medan yang telah dikembangkan yaitu tergolong kedalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain sebesar 0,74

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengembangan, media video, ctl,software blender, fluida statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 04:02
Last Modified: 21 May 2024 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57281

Actions (login required)

View Item
View Item