Pandiangan, Lastarulina (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113341018 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 5113341018 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM. 5113341018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 5113341018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 5113341018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5113341018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5113341018 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113341018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5113341018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. NIM. 5113341018 BAB I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
14. NIM. 5113341018 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM. 5113341018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Busana pada mata pelajaran Tekstil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang pada Tahun Ajaran 2015/2016.
Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang dengan sampel 56 siswa yang terdiri dari kelas kontrol sebanyak 28 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 28 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes yang terdiri dari 32 butir soal. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan berganda yang dijawab benar diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 28 orang siswa kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan rata-rata hasil yaitu sebesar 61,2. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) yaitu 82,6. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar tekstil yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional adalah berdistribusi normal dimana 0,116 < 0,1682 dan data hasil belajar siswa dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) adalah berdistribusi normal dimana 0,117 < 0,1682 dan kedua varians data adalah homogen karena f hitung 1,45< f tabel 1,90.
Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) lebih baik jika dibandingkan metode pembelajaran konvensional dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung -5,252< ttabel 1,67. Dilihat dari hasil penelitian ini, hasil belajar mata pelajaran tekstil memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualy) dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 003 |
Keywords: | Hasil Belajar; Tekstik; Metode Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5728 |