Nainggolan, Idris Aprilando (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Pak-Pak Bharat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5131131011 COVER.pdf
Download (128kB)
2. NIM 5131131011 APROVAL SHEET.pdf
Download (606kB)
3. NIM 5131131011 ABSTRACT.pdf
Download (251kB)
4. NIM 5131131011 PREFACE.pdf
Download (223kB)
5. NIM 5131131011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (175kB)
6. NIM 5131131011 TABLES.pdf
Download (115kB)
7. NIM 5131131011 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
8. NIM 5131131011 APPENDICES.pdf
Download (141kB)
9. NIM 5131131011 CHAPTER I.pdf
Download (533kB)
13. NIM 5131131011 CHAPTER V.pdf
Download (274kB)
14. NIM 5131131011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Think Pair Share (TPS) pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Pak-Pak Bharat, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Pak-Pak Bharat, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata- rata sebesar 80,00 dan standar deviasi 6,270 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 83,33%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Ekpositori) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standar deviasi 7,268 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 55,46 %. Hasil uji-t diperoleh nilai (4,722 > 1,666)., yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pergetteng- Getteng Sengkut Pak-Pak Bharat yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Think Pair Share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Think Pair Share (TPS); Ekspositori; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:44 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57269 |