Implementasi Habituasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran PPKn Di SMP Islam An Nizam Kota Medan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Wati, Laras (2023) Implementasi Habituasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran PPKn Di SMP Islam An Nizam Kota Medan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191111020_Cover.pdf] Text
3191111020_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3191111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 3191111020_Abstrak.pdf] Text
3191111020_Abstrak.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3191111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3191111020_Daftar_Isi.pdf] Text
3191111020_Daftar_Isi.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3191111020_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191111020_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 3191111020_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191111020_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 3191111020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191111020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 3191111020_BAB_I.pdf] Text
3191111020_BAB_I.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 3191111020_BAB_V.pdf] Text
3191111020_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 3191111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang faktual tentang penerapan habituasi nlai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Islam An Nizam Kota Medan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Islam An Nizam Jln Tuba II/ Perjuangan No. 62 Medan Tegal Sari Mandala Iii, Kec Medan Denai, Kota Medan Prov, Sumatera Utara. Adapun subjek penelitian saya dalam penelitian ini adalah Guru PPKn dan siswa kelas VII hasyim Ashari sebanyak 28 subjek. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran telah menerapkan habituasi nilainilai Pancasila, data tabulasi jawaban keseluruhan responden menunjukkan bahwa dari 28 responden 34,73% responden menyatakan selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, 23,4% responden menyatakan sering menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, 20,2% responden menyatakan kadang-kadang menerapakan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, 1,2% responden menyatakan jarang menerapakan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, 8,5% responden menyatakan tidak pernah menerapkan nilai-nilai Pancasila. kemudian pada tabel total skor keseluruhan persentase jawaban tiap soal adalah 73,43% yang menunjukkan bahwa implementasi habituasi nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran PPKn kelas VII di SMP Swasta An Nizam Medan adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nilai-Nilai Pancasila; Penerapan Dalam Pembelajan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 21 May 2024 03:52
Last Modified: 21 May 2024 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57251

Actions (login required)

View Item
View Item