Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Type CRH Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Resiliensi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung.

Siregar, Putri Mayang sari (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Type CRH Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Resiliensi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172032_Cover.pdf] Text
8206172032_Cover.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8206172032_Abstrak.pdf] Text
8206172032_Abstrak.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8206172032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of 8206172032_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172032_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 8206172032_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172032_Daftar_Isi.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8206172032_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172032_Daftar_Tabel.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8206172032_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172032_Daftar_Gambar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8206172032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8206172032_BAB_I.pdf] Text
8206172032_BAB_I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 8206172032_BAB_V.pdf] Text
8206172032_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8206172032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (2) Untuk menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra (3) Untuk
menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan resiliensinya, (4) Untuk menganalisis peningkatan berpikir spasial siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (5) Untuk menganalisis kemampuan berpikir resiliensi matematika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan
Geogebra. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 MTs. Al- Washliyah Tembung, dengan pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dinyatakan valid dengan menggunakan Model Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (2) Dinyatakan sangat praktis pada
uji kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (3) Dinyatakan efektif dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Kooperatif type CRH
berbantuan Geogebra dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,63 sehingga termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 63% sehingga termasuk kategori cukup efektif, (4) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir spasial
mencapai total 14 skor pada Uji Coba I dan 21,9 peningkatan kemampuan berpikir spasial pada Uji Coba II menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra dengan besar pesersentase 63%, (5) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir resiliensi matematika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.154 Sir p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Model Pengembangan ADDIE, Berpikir Spasial, Berpikir Resiliensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 02:56
Last Modified: 21 May 2024 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57230

Actions (login required)

View Item
View Item