Siregar, Putri Mayang sari (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Type CRH Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Resiliensi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung. Masters thesis, UNIMED.
8206172032_Cover.pdf
Download (109kB)
8206172032_Abstrak.pdf
Download (208kB)
8206172032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (878kB)
8206172032_Kata_Pengantar.pdf
Download (384kB)
8206172032_Daftar_Isi.pdf
Download (205kB)
8206172032_Daftar_Tabel.pdf
Download (143kB)
8206172032_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
8206172032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
8206172032_BAB_I.pdf
Download (588kB)
8206172032_BAB_V.pdf
Download (204kB)
8206172032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (259kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (2) Untuk menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra (3) Untuk
menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan dengan meggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan resiliensinya, (4) Untuk menganalisis peningkatan berpikir spasial siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (5) Untuk menganalisis kemampuan berpikir resiliensi matematika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan
Geogebra. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 MTs. Al- Washliyah Tembung, dengan pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dinyatakan valid dengan menggunakan Model Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (2) Dinyatakan sangat praktis pada
uji kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra, (3) Dinyatakan efektif dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Kooperatif type CRH
berbantuan Geogebra dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,63 sehingga termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 63% sehingga termasuk kategori cukup efektif, (4) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir spasial
mencapai total 14 skor pada Uji Coba I dan 21,9 peningkatan kemampuan berpikir spasial pada Uji Coba II menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra dengan besar pesersentase 63%, (5) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir resiliensi matematika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran Kooperatif type CRH berbantuan Geogebra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.154 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Model Pengembangan ADDIE, Berpikir Spasial, Berpikir Resiliensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:56 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57230 |