PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LATIHAN/DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MEDAN. PADA TAHUN AJARAN 2015/2016

Perangin-Angin, Desi Natalisa (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LATIHAN/DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MEDAN. PADA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 5103341006 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 5103341006 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 5103341006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 5103341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5103341006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5103341006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5103341006 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5103341006 PREPACE.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5103341006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5103341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5103341006 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5103341006 TABLE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5103341006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5103341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5103341006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5103341006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5103341006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5103341006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103341006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103341006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5103341006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5103341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (Purposive Sampling) dan di dapat dua kelas yakni VII-2dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode latihan (drill) dan VII-3 dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dengan kisi-kisi yang telah di validkan oleh validator (guru dan dosen yang dianggap ahli dalam bidangnya).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran, diperoleh nilai rata-rata = 58,3 dengan tingkat kecenderungan kurang. Sedangkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill), diperoleh nilai rata-rata = 85,5 dengan tingkat kecenderungan baik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu (22,948> 2.00), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan.
Dengan demikian hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) lebih tinggi/baik dibandingkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BSN 006
Keywords: Limbah Anorganik; Koran; dan Botol; Sampah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:40
Last Modified: 13 Jun 2016 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item
View Item