Perangin-Angin, Desi Natalisa (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LATIHAN/DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MEDAN. PADA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5103341006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.NIM. 5103341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM. 5103341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5103341006 PREPACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM. 5103341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 5103341006 TABLE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 5103341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5103341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5103341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 5103341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5103341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (Purposive Sampling) dan di dapat dua kelas yakni VII-2dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode latihan (drill) dan VII-3 dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dengan kisi-kisi yang telah di validkan oleh validator (guru dan dosen yang dianggap ahli dalam bidangnya).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran, diperoleh nilai rata-rata = 58,3 dengan tingkat kecenderungan kurang. Sedangkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill), diperoleh nilai rata-rata = 85,5 dengan tingkat kecenderungan baik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu (22,948> 2.00), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan.
Dengan demikian hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) lebih tinggi/baik dibandingkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 006 |
Keywords: | Limbah Anorganik; Koran; dan Botol; Sampah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 02:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5721 |