Monica, Tirza (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DESAIN BUSANA KELAS XI SMK N.8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5113143042 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIP 5113143042 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
NIM 5113143042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
NIM 5113143042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM 5113143042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 5113143042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 5113143042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
NIM 5113143042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM 5113143042 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
NIM 5113143042 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 5113143042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaru penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar desain busana dalam mata pelajaran menggambar wajah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa XI Tata Busana SMK N.8 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam satu kelas saja tanpa ada kelas pembanding. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar pengamatan yang diamati oleh lima orang pengamat. Pengamatan dilakukan mengikuti kisi-kisi yang telah divalidkan, dianalisis dengan uji kesepakatan lima orang pengamat, dianalisis dengan uji t pada taraf signifikan 0,05 %.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terjadi peningkatan hasil belajar pada post-test yang menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan nilai rata-rata uji kesepakatan lima orang pengamat yaitu 84,86. Sedangkan hasil belajar pada pre-test memperoleh nilai rata-rata uji kesepakatan lima orang pengamat yaitu 45,11. Tingkat kecenderungan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif cenderung baik., dimana x ̅hitung > x ̅tabel atau 84,86 > 75. Sementara tingkat kecenderungan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif cenderung kurang, dimana x ̅hitung > x ̅tabel atau 45,11 < 75. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif (pre-test) adalah berdistribusi normal dimana 0,096 > 0,05 dan data hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif (post-test) adalah berdistribusi normal dimana 0,215 > 0,05. Nilai pre-test dan post-test memiliki hubungan yang nyata dengan nilai kolerasi 0,549.
Dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar desain busana dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung (78,225) < nilai t tabel (1,692). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar desain busana pada siswa kelas XI Tata Busana SMK N.8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 004 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia; Desain Busana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 02:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5719 |