Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Adlerian Terhadap Kepercayaan diri Siswa Kelas X TKRO 1 SMK Raksana 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Sinaga, Sinta Marito (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Adlerian Terhadap Kepercayaan diri Siswa Kelas X TKRO 1 SMK Raksana 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 1181151025  COVER.pdf] Text
1. 1181151025 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. 1181151025  APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 1181151025 APPROVAL SHEET.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. 1181151025  ABSTRACT.pdf] Text
3. 1181151025 ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. 1181151025  PREFACE.pdf] Text
4. 1181151025 PREFACE.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. 1181151025  TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 1181151025 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6. 1181151025  TABLES.pdf] Text
6. 1181151025 TABLES.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. 1181151025  ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 1181151025 ILLUSTRATION.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8. 1181151025  APPENDICES.pdf] Text
8. 1181151025 APPENDICES.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 9. 1181151025  CHAPTER I.pdf] Text
9. 1181151025 CHAPTER I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 13. 1181151025 CHAPTER V.pdf] Text
13. 1181151025 CHAPTER V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 14. 1181151025  BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 1181151025 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan adlerian terhadap kepercayaan diri siswa kelas X TKRO di SMK Raksana 1 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Dengan pendekatan eksperimen semu
(quasi experimental). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X TKRO yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Data penelitian dikumpulkan melalui skala kepercayaan diri yang berjumlah 31 item pernyataan yang sudah
valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,8783. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Wilcoxon dengan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum (pre-test) dilakukan bimbingan kelompok melalui pendekatan adlerian skor rata-rata kepercayaan diri sebesar 55,2 dan setelah (post-test) diberikan layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan adlerian, maka rata-rata kepercayaan diri yang diperoleh adalah 104,5. Maka dari itu terjadilah peningkatan kepercayaan diri siswa sebesar 47,1%. Dengan mengetahui uji
Wilcoxon dengan nilai peringkat terkecil yaitu 26. Sehinga J(hitung)= 26, α= 0,05, dan n=10, maka diperoleh J(tabel)= 8. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa J(hitung) > J(tabel) dimana 26 > 8. Maka dapat dikatakan “Ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok pendekatan adlerian terhadap kepercayaan diri siswa kelas X TKRO di SMK Raksana 1 Medan” dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Pendekatan Adlerian; Kepercayaan Diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 20 May 2024 09:09
Last Modified: 20 May 2024 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57181

Actions (login required)

View Item
View Item