Pratama, M. Iin (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAVIDIOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PADA SISWA KELAS X BKP SMK N 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151111035 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM. 5151111035 APPROVAL SHEET.pdf
Download (168kB)
3. NIM. 5151111035 ABSTRACT.pdf
Download (140kB)
4. NIM. 5151111035 PREFACE.pdf
Download (222kB)
5. NIM. 5151111035 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (165kB)
6. NIM. 5151111035 TABLES.pdf
Download (110kB)
7. NIM. 5151111035 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5151111035 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
9. NIM. 5151111035 CHAPTER I.pdf
Download (334kB)
13. NIM. 5151111035 CHAPTER V.pdf
Download (112kB)
14. NIM. 5151111035 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (245kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media Vidioscribe dan pembelajaran konvensional pada pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah materi
K3LH di kelas BKP SMK N 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dimana populasi yang digunakan dalam peneltian ini seluruh siswa kelas X BKP SMK N 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 62 siswa. Kedua kelas tersebut yaitu kelas BKP 2 yang diajarkan menggunakan media vidioscribe berjumblah 31 orang dan kelas BKP 1 yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 31
orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, kedua kelas sample berdistribusi normal dan memiliki
varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media vidioscribe adalah 80,26, sedangkan sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional adalah 76,52. Hasil pengujian hipotesis Test Statistics Shapiro-Wilk (parametrik) nilai signifikasi atau Asymp. Sig (2-tailed) >0,05 yaitu 0,86. Karena 0,86> 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak, dengan kata lain ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan media vidioscribe sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi K3LH di kelas X BKP SMK N 1 Percut Sei Tuan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Vidioscribe; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:45 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57173 |