Pengaruh Model Pembelajaraan Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

Harahap, Abidin Ali Akbar (2020) Pengaruh Model Pembelajaraan Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133111001 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5133111001 COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5133111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 5133111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5133111001 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 5133111001 ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4. NIM 5133111001 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM 5133111001 KATA PENGANTAR.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5133111001 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 5133111001 DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5133111001 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 5133111001 DAFTAR TABEL.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7. NIM 5133111001 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM 5133111001 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5133111001 BAB I.pdf] Text
8. NIM. 5133111001 BAB I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5133111001 BAB V.pdf] Text
12. NIM. 5133111001 BAB V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5133111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. NIM. 5133111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)

Abstract

Menurut Standar Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM), suatu kelas dikatakan mencapai ketuntasan klasikal apabila ≥ 75% (Departemen Pendidikan Nasional tahun 2004) diantara jumlah siswanya melewati Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah dengan nilai 75. Dapat dilihat bahwa pada Tahun Ajaran 2017/2018 34,62% siswa berada dalam predikat Tidak Kompeten. Sementara pada Tahun Ajaran 2018/2019 25% siswa berada dalam peringkat Tidak Kompeten. Hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan terdapat hasil belajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB-1 sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan X DPIB-2 sebagai kelas Kontrol yang terdiri dari 26 siswa.. Hasil analisis data post-test yang diperoleh kelas Eksperimen yaitu, X ̅= 83,78 dengan nilai tertinggi 96,36 dan terendah 76,60. Sedangkan pada kelas kontrol X ̅= 79,81 dengan nilai tertinggi 91,87 dan terendah 70,30. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Anava, dari hasil belajar data post-test diperoleh bahwa Fhitung = 6,5393 > Ftabel = 4,04, maka H0 : µ 1 ≤ µ2 ditolak dan Ha : µ1 ≥ µ2 diterima, dengan demikian hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol jelas menunjukkan adanya perbedaan, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan data uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh harga thitung = 2,4001 dan ttabel = 1,676 (thitung > ttabel) maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan Model pembelajaran Explicit Instruction memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar dibandingkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah siswa kelas X Progam Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Explicit Instruction; Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2024 07:16
Last Modified: 20 May 2024 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57162

Actions (login required)

View Item
View Item