Harahap, Abidin Ali Akbar (2020) Pengaruh Model Pembelajaraan Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111001 COVER.pdf
Download (45kB)
2. NIM. 5133111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (275kB)
3. NIM. 5133111001 ABSTRAK.pdf
Download (97kB)
4. NIM 5133111001 KATA PENGANTAR.pdf
Download (95kB)
5. NIM. 5133111001 DAFTAR ISI.pdf
Download (67kB)
6. NIM. 5133111001 DAFTAR TABEL.pdf
Download (32kB)
7. NIM 5133111001 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5133111001 BAB I.pdf
Download (352kB)
12. NIM. 5133111001 BAB V.pdf
Download (106kB)
13. NIM. 5133111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (68kB)
Abstract
Menurut Standar Ketuntasan Belajar Minimum (SKBM), suatu kelas dikatakan mencapai ketuntasan klasikal apabila ≥ 75% (Departemen Pendidikan Nasional tahun 2004) diantara jumlah siswanya melewati Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah dengan nilai 75. Dapat dilihat bahwa pada Tahun Ajaran 2017/2018 34,62% siswa berada dalam predikat Tidak Kompeten. Sementara pada Tahun Ajaran 2018/2019 25% siswa berada dalam peringkat Tidak Kompeten. Hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan terdapat hasil belajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB-1 sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan X DPIB-2 sebagai kelas Kontrol yang terdiri dari 26 siswa.. Hasil analisis data post-test yang diperoleh kelas Eksperimen yaitu, X ̅= 83,78 dengan nilai tertinggi 96,36 dan terendah 76,60. Sedangkan pada kelas kontrol X ̅= 79,81 dengan nilai tertinggi 91,87 dan terendah 70,30. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Anava, dari hasil belajar data post-test diperoleh bahwa Fhitung = 6,5393 > Ftabel = 4,04, maka H0 : µ 1 ≤ µ2 ditolak dan Ha : µ1 ≥ µ2 diterima, dengan demikian hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol jelas menunjukkan adanya perbedaan, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan data uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh harga thitung = 2,4001 dan ttabel = 1,676 (thitung > ttabel) maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan Model pembelajaran Explicit Instruction memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar dibandingkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah siswa kelas X Progam Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Tahun Ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Explicit Instruction; Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:16 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57162 |