Nadeak, Rosmawaty (2023) Pengembangan Model Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Organizational Behavior (MSKSBOB) di Sekolah Pendidikan Khusus Provinsi Sumatera Utara. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186114011 COVER.pdf
Download (201kB)
2. NIM. 8186114011 ABSTRAK.pdf
Download (62kB)
3. NIM. 8186114011 KATA PENGANTAR.pdf
Download (158kB)
4. NIM. 8186114011 DAFTAR ISI.pdf
Download (86kB)
5. NIM. 8186114011 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (235kB)
6. NIM. 8186114011 DAFTAR TABEL.pdf
Download (84kB)
7. NIM. 8186114011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (32kB)
8.NIM. 8186114011 LEMBAR PERSETUJUAN DISERTASI.pdf
Download (343kB)
9. NIM. 8186114011 BAB I.pdf
Download (862kB)
13.NIM. 8186114011 BAB V.pdf
Download (168kB)
14. NIM. 8186114011 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah model Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Organizational Behavior (MSKSBOB) merupakan kerangka manajemen yang tepat dan efektif untuk membantu kepala sekolah pendidikan khusus dengan masalah manajemen supervisi. MSKSBOB merupakan pengembangan dari strategi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sesuai dengan sepuluh (10) langkah penelitian dan pengembangan di Borg and Gall level 3, yaitu membuat model yang sudah ada dan digunakan di sekolah sebelumnya, dilakukan penilaian kualitatif dan kuantitatif terhadap model MSKSBOB. Metode pengumpulan informasi, meliputi buku instrumen model MSKSBOB, buku alat supervisi, buku pegangan manajemen, lembar kegiatan manajemen, dan tes implementasi pertama dan terakhir manajemen. Kuesioner mengandalkan skala Likert, dan hasilnya dianalisis secara statistik. Rata-rata nilai intended perceived (IP) / intended operational (IO) atau IP / IO dari pakar sebesar 4,55 dengankategori tinggi; dari observer pada uji tahap awal adalah 4,0 dengan kategori tinggi; dari observer pada tes tahap utama adalah 4,41 dengan kategori tinggi; dan dari observer pada uji tahap operasional adalah 4,57 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data IP / IO, ditentukan bahwa model MSKSBOB memenuhi persyaratan efektivitas, efisiensi, dan kepraktisan. Dengan demikian, model MSKSBOB berguna, terkini, dan dapat diterapkan; ini dapat digunakan di sekolah sebagai strategi baru untuk mengatasi tantangan administrasi Supervisi Kepala Sekolah.