Kurniawan, Mhd. (2020) Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162111013 COVER.pdf
Download (58kB)
2. NIM. 5162111013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (513kB)
3. NIM. 5162111013 ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
4. NIM. 5162111013 PREFACE.pdf
Download (299kB)
5. NIM. 5162111013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (145kB)
6. NIM. 5162111013 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5162111013 ILLUSTRATION.pdf
Download (140kB)
8. NIM. 5162111013 APPENDICES.pdf
Download (140kB)
9. NIM. 5162111013 CHAPTER 1.pdf
Download (660kB)
13. NIM. 5162111013 CHAPTER V.pdf
Download (169kB)
14. NIM. 5162111013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (145kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot, mengetahui bagaimana kelayakan alat evaluasi, dan keefektifan alat dan ketertarikan siswa terhadap alat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan subject kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pengembangan alat evaluasi terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Hasil validasi mendapat nilai kelayakan persentase akhir dari ahli materi sebesar 94% dengan kategori Sangat Layak, dari ahli media mendapatkan persentase akhir sebesar 73% dengan kategori layak, dan mendapatkan persentase akhir dari ahli bahasa dengan nilai 90%. Sehingga alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot dikatakan sangat Layak digunakan. Hasil analisis keefektifan pada uji coba produk menunjukkan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai sebesar 80%, dan pada uji coba pemakaian menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86%. Respon siswa terhadap alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot mendapatkan hasil penilaian dengan persentase akhir sebesar 86% pada uji coba produk dan mendapatkan persentase 89% dengan kategori sangat menarik pada uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil tersebut diketahui alat evaluasi pembelajan menggunakan aplikasi kahoot yang dikembangkan telah layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Alat Evaluasi; Aplikasi Kahoot; Desain Permodelan dan Informasi Bangunan; Konstruksi Jalan dan Jembatan |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:08 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57159 |