Sinaga, Jusuparman (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5131111011 COVER.pdf
Download (49kB)
2. NIM 5131111011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (339kB)
3. NIM 5131111011 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
4. NIM 5131111011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (199kB)
5. NIM 5131111011 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (172kB)
6. NIM 5131111011 LIST OF TABLE.pdf
Download (114kB)
7. NIM 5131111011 LIST OF FIGURES.pdf
Download (111kB)
8. NIM 5131111011 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (141kB)
9. NIM 5131111011 CHAPTER I.pdf
Download (422kB)
13. NIM 513111011 CHAPTER V.pdf
Download (207kB)
14. NIM 5131111011 BLIBIOGRAPHI.pdf
Download (143kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar konstruksi bangunan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas X TGB-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest, pembelajaran, dan posttest. Instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Konstruksi Bangunan dari 25 butir soal, diperoleh 20 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,76 termasuk dalam kategori tinggi. Dari uji Analisis Varians (ANAVA) satu jalur, hasil belajar Konstruksi Bangunan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 18.016 > 1.69 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotests nol (H0) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan dengan persentase peningkatan 10.15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan bagi para peneliti lanjutan, dapat dijadikan sebagai tambahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Kontekstual (Contextual Teaching and Learning); Hasil Belajar; Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:04 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57158 |