Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siwa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023

Manalu, Febrianti Ronauli (2023) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siwa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3181131018_Cover.pdf] Text
3181131018_Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 3181131018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3181131018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 3181131018_Abstrak.pdf] Text
3181131018_Abstrak.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 3181131018_Kata_Pengantar.pdf] Text
3181131018_Kata_Pengantar.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3181131018_Daftar_Isi.pdf] Text
3181131018_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 3181131018_Daftar_Gambar.pdf] Text
3181131018_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3181131018_Daftar_Tabel.pdf] Text
3181131018_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 3181131018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3181131018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 3181131018_BAB_I.pdf] Text
3181131018_BAB_I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 3181131018_BAB_VI.pdf] Text
3181131018_BAB_VI.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 3181131018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3181131018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3181131018_BAB_VI.pdf] Text
3181131018_BAB_VI.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar yang berjumlah 342 siswa. Teknik Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yakni sebanyak 85 orang dengan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta vaiabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Pengujian instrumen dilakukan sebelum analisis data sebagai persyaratan dalam analisis data yang meliputi uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear regresi berganda dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pematangsiantar ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel dimana 2,499 > 1,664 dan signifikansinya 0,014 > 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan anatara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Peamatangsiantar ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,570 > 1,664 dan signifikansinya 0,012 < 0,05 (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pematangsiantar ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel sebesar 8,279 > 3,107, maka Ha diterima. Fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,168 yang berarti bahwa variabel fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 17% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Pematangsiantar. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fasilitas Belajar; Kualitas Pembelajaran; Evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 May 2024 08:14
Last Modified: 20 May 2024 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57150

Actions (login required)

View Item
View Item