Manalu, Febrianti Ronauli (2023) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siwa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
3181131018_Cover.pdf
Download (75kB)
3181131018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (393kB)
3181131018_Abstrak.pdf
Download (58kB)
3181131018_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
3181131018_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
3181131018_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
3181131018_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
3181131018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
3181131018_BAB_I.pdf
Download (309kB)
3181131018_BAB_VI.pdf
Download (116kB)
3181131018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (87kB)
3181131018_BAB_VI.pdf
Download (116kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar yang berjumlah 342 siswa. Teknik Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yakni sebanyak 85 orang dengan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta vaiabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Pengujian instrumen dilakukan sebelum analisis data sebagai persyaratan dalam analisis data yang meliputi uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear regresi berganda dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pematangsiantar ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel dimana 2,499 > 1,664 dan signifikansinya 0,014 > 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan anatara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Peamatangsiantar ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,570 > 1,664 dan signifikansinya 0,012 < 0,05 (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pematangsiantar ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel sebesar 8,279 > 3,107, maka Ha diterima. Fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,168 yang berarti bahwa variabel fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 17% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Pematangsiantar. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar; Kualitas Pembelajaran; Evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 May 2024 08:14 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57150 |