Oktaviana, Evi (2023) Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi Pada Siswa Kelas XIPS SMA Swasta Tunas Harapan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
3181131003_Cover.pdf
Download (42kB)
3181131003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (472kB)
3181131003_Abstrak.pdf
Download (114kB)
3181131003_Kata_Pengantar.pdf
Download (221kB)
3181131003_Daftar_Isi.pdf
Download (141kB)
3181131003_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
3181131003_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
3181131003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
3181131003_BAB_I.pdf
Download (350kB)
3181131003_BAB_VI.pdf
Download (35kB)
3181131003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (146kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi pada siswa kelas XIPS SMA Swasta Tunas Harapan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun TA.2022/2023.(2) mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi pada siswa kelas XIPS SMA Swasta Tunas Harapan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun TA.2022/2023. (3) mengetahui minat belajar dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi pada siswa kelas XIPS SMA Swasta Tunas Harapan Kabupaten Simalungun TA.2022/2023.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Tunas Harapan Kecamatan Ujung Padang Kabupaen Simalungun. Populasi pada penelitian ini sebanyak 65 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel yang terdiri dari variabel independen Minat Belajar (X1), Disiplin Belajar (X2) dan variabel dependen Prestasi Belajar (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyebaran angket kepada responden dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji instumen penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji stimultan (F), uji parsial (t), uji regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi (R2).dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Minat belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi secara signifikan berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai tHitung sebesar 8.234 yang lebih besar dari tTabel (1.68), dan nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05. (2) Pengaruh disiplin belajar pada siswa secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai tHitung sebesar 13.668 yang lebih besar dari tTabel (1.68), dan nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05. (3.) Minat belajar dan disiplin belajar secara stimultan berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai fHitung sebesar 110.974 yang lebih besar dari fTabel (4.10), dan nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05. minat belajar dan disiplin belajar secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap prestasi belajar geografi. Variabel minat belajar dan disiplin belajar secara parsial maupun bersama-sama memberikan kontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar geografi. perolehan nilai koefisien determinasi (R2) Sebesar 73% minat belajar dan disiplin belajar memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar geografi dapat dijelaskan oleh minat belajar dan disiplin belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar; Strategi belajar; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:40 |
Last Modified: | 20 May 2024 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57141 |