Komponen Pembelajaran Abad 21 Dalam Membentuk Kecerdasan Siswa Sebagai Warga Negara Yang Berkeadaban Publik Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Safitri, Eni (2023) Komponen Pembelajaran Abad 21 Dalam Membentuk Kecerdasan Siswa Sebagai Warga Negara Yang Berkeadaban Publik Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191111014_Cover.pdf] Text
3191111014_Cover.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 3191111014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191111014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of 3191111014_Abstrak.pdf] Text
3191111014_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 3191111014_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191111014_Kata_Pengantar.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 3191111014_Daftar_Isi.pdf] Text
3191111014_Daftar_Isi.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 3191111014_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191111014_Daftar_Gambar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 3191111014_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191111014_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3191111014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191111014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3191111014_BAB_I.pdf] Text
3191111014_BAB_I.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 3191111014_BAB_V.pdf] Text
3191111014_BAB_V.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 3191111014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191111014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen pembelajaran abad 21 dalam membentuk kecerdasan siswa sebagai warga negara yang berkeadaban publik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana komponen pembelajaran abad 21 dalam mata pelajaran PPKn dapat membentuk kecerdasan siswa sebagai warga negara yang berkeadaban publik dan tantangan apa yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk kecerdasan siswa sebagai warga negara yang berkeadaban publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan mengacu pada teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pembelajaran abad 21 melatih keterampilan siswa untuk berpikir kritis, berkomunikasi, melakukan kolaborasi (kerja sama) dan melatih keterampilan kreativitas siswa. Melalui empat keterampilan tersebut, siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi pelajaran PPKn yang disampaikan oleh guru, kemudahan siswa untuk memahami materi pelajaran PPKn dapat menciptakan siswa yang memiliki kecerdasan kewarganegaraan (Civic Intelligence), kecerdasan kewarganegaraan yang dimiliki oleh siswa dapat melahirkan siswa yang berkeadaban publik. Tantangan yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk kecerdasan siswa yang berkeadaban publik melalui komponen pembelajaran abad 21 adalah guru PPKn yang dituntut agar dapat mendorong minat dan motivasi siswa untuk belajar, menghadapi tantangan mata pelajaran PPKn yang dianggap sebagai mata pelajaran yang monoton dan kurang menarik, tantangan untuk menghadapi kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya keadaban publik, tantangan untuk menghadapi pengaruh media sosial dan teknologi terhadap siswa, kurikulum pendidikan yang sering berubah, sulitnya mengajak seluruh siswa untuk berkomunikasi secara aktif di dalam kelas dan tantangan untuk menghadapi kekurangpatuhan siswa di dalam pembelajaran dan aturan - aturan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komponen Pembelajaran Abad 21; Kecerdasan; Keadaban Publik dan Tantangan Guru PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 May 2024 04:00
Last Modified: 20 May 2024 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57126

Actions (login required)

View Item
View Item