Lubis, Ikhwatul Islami (2022) Pengembangan Modul Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5171111006 COVER.pdf
Download (129kB)
2. NIM. 5171111006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (368kB)
3. NIM. 5171111006 ABSTRACT.pdf
Download (185kB)
4. NIM. 5171111006 PREFACE.pdf
Download (220kB)
5. NIM. 5171111006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (121kB)
6. NIM. 5171111006 ILLUSTRATION.pdf
Download (90kB)
7. NIM. 5171111006 TABLES.pdf
Download (91kB)
8. NIM. 5171111006 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
9. NIM. 5171111006 CHAPTER I.pdf
Download (639kB)
13. NIM. 5171111006 CHAPTER V.pdf
Download (282kB)
14. NIM. 5171111006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (120kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul mata pelajaran
Konstruksi Jalan dan Jembatan sebagai bahan ajar untuk siswa Kelas XI DPIB di
SMK Negeri 5 Medan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pada mata
pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan sebagai bahan ajar untuk siswa Kelas XI
DPIB di SMK Negeri 5 Medan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(Pengembangan) model ADDIE, dengan tahapan Analyisis (analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu
angket penilaian validasi, yang terdiri dari validasi ahli media, validasi ahli
materi, dan validasi ahli bahasa. Validasi ini bertujuan untuk menetapkan dan
menguji kelayakan dari modul yang dikembangkan. Selain itu, modul juga dinilai
oleh pengguna (siswa).
Berdasarkan hasil penelitian, modul dikembangkan dengan cakupan materi
pembelajaran selama satu semeter, yang terdiri dari materi klasifikasi jalan,
klasifikasi jembatan, jenis drainase jalan dan jembatan, spesifikasi bahan
perkerasan jalan, spesifikasi jembatan, dan spesifikasi drainase. Adapun hasil
pengujian kelayakan yang didapat yaitu (1) Ahli media mendapatkan perolehan
skor rata-rata sebesar 4,26 dengan kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”,
(2) Ahli materi mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 4,26 dengan
kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”, (3) Ahli bahasa mendapatkan
perolehan skor rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori interpretasi kelayakan
“sangat layak”, dan hasil uji coba produk kepada pengguna (siswa) sebanyak 15
orang didapat perolehan skor rata-rata sebesar 4,58 dengan kategori interpretasi
kelayakan “sangat layak”. Dari data hasil validasi tersebut, maka disimpulkan
bahwa modul pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan dinyatakan layak
untuk digunakan siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul Pembelajaran; Konstruksi Jalan dan Jembatan; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:43 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57115 |