Pandjaitan, Firjariahny Syofa (2022) Pengembangan Media Pembelaja�ran Video Animasi Stop Motion Detail Kusen Pintu Dan Jendela Pada Mata Pelajaran Konstruksi Utilitas Bangunan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan In�formasi Bangunan Di Smk Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173111008 COVER.pdf
Download (64kB)
2. NIM. 5173111008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (308kB)
3. NIM. 5173111008 ABSTRACT.pdf
Download (350kB)
4. NIM 5173111008 PREFACE.pdf
Download (354kB)
5. NIM 5173111008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (79kB)
6. NIM 5173111008 TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM 5173111008 ILLUSTRATION.pdf
Download (35kB)
8. NIM 5173111008 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM 5173111008 CHAPTER I.pdf
Download (369kB)
13. NIM 5173111008 CHAPTER V.pdf
Download (198kB)
14. NIM 5173111008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (270kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana
pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion detail kusen pintu dan
jendela pada mata pelajaran konstruksi utilitas bangunan (2) Untuk mengetahui kelayakan
media pembelajaran video animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela pada mata
pelajaran konstruksi utilitas bangunan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development).
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model
pengembangan Four-D Models. Model ini terdiri dari 4 tahap yang terdiri atas : (1) Define
(pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate
(penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan dengan responden
penelitian siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi dan
Bangunnan (DPIB). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk
menguji kelayakan media pembelajaran video animasi Stop motion pada mata pelajaran
Konstruksi Utilitas Bangunan melalui validasi satu ahli media, dua ahli materi, dan satu
ahli bahasa serta uji kelayakan skala kecil. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik
analisis data deskriptif kuantitatif.
Adapun hasil penelitian adalah: (1) Pengembangan video pembelajaran animasi
stop motion detail kusen pintu dan jedela telah melalui tahap : Pendefenisian, perancangan,
pengembangan (meliputi validasi ahli yang terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa
serta uji terbatas/skala kecil pada pengguna kepada 15 orang siswa), serta penyebarluasan
(video diupload melalui youtube dengan url https://youtu.be/d771cNAmfF4 serta
memberikan softcopy kepada guru mata pelajaran konstruksi utilitas gedung di SMK
Negeri 5 Medan). (2) Kelayakan video pembelajaran animasi stop motion detail kusen
pintu dan jendela berdasarkan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa mendapatkan rata�rata persentasi 85% dengan kategori sangat layak, dan juga hasil uji terbatas pada siswa
mendapatkan persentasi nilai 87% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian
diatas, video pembelajaran animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela dinyatakan
sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran konstruksi utilitas
gedung di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konstruksi Utilitas Bangunan; Stop Motion; Video Pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:33 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57103 |