Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di SMK N 1 Percut Sei Tuan

Harahap, Febri Ani (2020) Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di SMK N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5161131018 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5161131018 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5161131018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5161131018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5161131018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5161131018 ABSTRACT.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5161131018 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5161131018 PREFACE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5161131018 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5161131018 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5161131018 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5161131018 LIST OF TABLES.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5161131018 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 5161131018 LIST OF FIGURES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5161131018 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5161131018 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5161131018 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5161131018 CHAPTER I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5161131018 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5161131018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5161131018 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5161131018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5161131018 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5161131018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5161131018 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5161131018 CHAPTER V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5161131018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5161131018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5161131018 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5161131018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share memberikan hasil belajar yang berbeda dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain “Two Group Posttes Design”. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas XAV1 dengan model pembelajaran Think Pair Share yang berjumlah 32 orang dan XAV2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 40 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 83.13 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 78.20. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 84.38 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 80.05. Hasil uji persyaratan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar kognitif diperoleh thitung > ttabel yaitu (2.62>1.670), artinya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar psikomotorik diperoleh thitung > ttabel yaitu (2.42 > 1.670) artinya hasil praktikum dasar listrik dan elektronika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: quasi eksperiment; TPS; PBL; hasil belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2024 03:06
Last Modified: 28 Aug 2025 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57096

Actions (login required)

View Item
View Item