Harahap, Febri Ani (2020) Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di SMK N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161131018 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM. 5161131018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (534kB)
3. NIM. 5161131018 ABSTRACT.pdf
Download (155kB)
4. NIM. 5161131018 PREFACE.pdf
Download (210kB)
5. NIM. 5161131018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (143kB)
6. NIM. 5161131018 LIST OF TABLES.pdf
Download (36kB)
7. NIM. 5161131018 LIST OF FIGURES.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 5161131018 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (209kB)
9. NIM. 5161131018 CHAPTER I.pdf
Download (334kB)
13. NIM. 5161131018 CHAPTER V.pdf
Download (278kB)
14. NIM. 5161131018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (178kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share memberikan hasil belajar yang berbeda dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain “Two Group Posttes Design”. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas XAV1 dengan model pembelajaran Think Pair Share yang berjumlah 32 orang dan XAV2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 40 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 83.13 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 78.20. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 84.38 dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 80.05. Hasil uji persyaratan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar kognitif diperoleh thitung > ttabel yaitu (2.62>1.670), artinya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji t satu pihak untuk hasil belajar psikomotorik diperoleh thitung > ttabel yaitu (2.42 > 1.670) artinya hasil praktikum dasar listrik dan elektronika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | quasi eksperiment; TPS; PBL; hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:06 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57096 |