Simanungkalit, Rukmini Elysa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 3D dengan Pendekatan Saintifik Pada Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di Kelas V SD Negeri 085115 Sibolga. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182017 COVER.pdf
Download (119kB)
2. NIM. 8186182017 APPROVAL SHEET.pdf
Download (295kB)
3. NIM. 8186182017 ABSTRACT.pdf
Download (64kB)
4. NIM. 8186182017 PREFACE.pdf
Download (212kB)
5. NIM. 8186182017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (167kB)
6. NIM. 8186182017 LIST OF TABLES.pdf
Download (138kB)
7. NIM. 8186182017 LIST OF FIGURES.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 8186182017 CHAPTER I.pdf
Download (196kB)
12. NIM. 8186182017 CHAPTER V.pdf
Download (154kB)
13. NIM. 8186182017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran
berbasis video animasi 3D dengan pendekatan Saintifik pada Subtema peristiwa
kebangsaan masa penjajahan di SD Negeri 085115 Sibolga. dan (2) Mengetahui
keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi 3D dengan pendekatan
Saintifik pada Subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan efektif di SD Negeri
085115 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Develoment
(R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D.
Metode penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan media
pembelajaran dan tahap II melakukan uji efektifitas produk. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa produk media ajar yang dikembangkan sudah sangat layak
dengan melalui beberapa tahapan revisi/perbaikan. Persentase nilai yang diperoleh
antara lain: (1) Penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor
rata-rata 4,50, (2) penilaian ahli media berada pada kriteria sangat layak dengan skor
rata-rata 4,76, (3) Penilaian ahli desain berada pada kriteria sangat layak dengan skor
rata- rata 4,73. Keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada
hasil post-test siswa pada uji coba II persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,89%
dengan 25 siswa atau 88,89% dinyatakan tuntas, dan 2 siswa atau 11,11% dinyatakan
belum tuntas. 3) Kepraktisan media pembelajarn siswa disimpulkan berdasarkan
respon guru; respon guru terhadap media pembelajaran pada uji coba kedua mencapai
89,28% termasuk kedalam kategori sangat praktis. Penilaian hasil belajar siswa
berdasarkan pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh
nilai rata-rata gain sebesar 0,7 dimana dalam kategori tinggi. Penelitian ini dilakukan
di kelas V SD Negeri 085115 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022 semester genap
berjumlah 27 orang siswa. Dengan demikian media pembelajaran video animasi 3D
yang dikembangkan ini mampu meningkatkan minat dan aktivitas serta efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sim p |
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Media Video Animasi 3D dan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57080 |