Mulyanda, Bernette (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Kecerdasan Jamak Kelas V SDN 044832 Lingga. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182030 COVER.pdf
Download (127kB)
2. NIM. 8186182030 APPROVAL SHEET.pdf
Download (458kB)
3. NIM. 8186182030 ABSTRACT.pdf
Download (210kB)
4. NIM. 8186182030 PRREFACE.pdf
Download (240kB)
5. NIM. 8186182030 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (169kB)
6. NIM. 8186182030 LIST OF TABLES.pdf
Download (139kB)
7. NIM. 8186182030 LIST OF FIGURES.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 8186182030 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 8186182030 CHAPTER I.pdf
Download (501kB)
13. NIM. 8186182030 CHAPTER V.pdf
Download (168kB)
14. NIM. 8186182030 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (427kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden belum pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak dalam materi subtema ekosistem. 2) validasi ahli materi meliputi dan validasi ahli desain pembelajaran. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 88,33 dengan kreteria sangat baik dan hasil validasi oleh ahli materi mandapatkan skor rata-rata 89,73 dengan kreteria sangat baik. 3) Uji coba produk pembelajaran berupa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak terhadap responden 41 siswa yang terdiri dari 3 orang guru kelas yang mendapat hasil rata-rata 84, 94% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak mengalami peningkatan hasil belajar yakni 14,83% dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak dapat menngkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa belajar lebih mandiri, aktif dan mengandung unsur tematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Mul p |
Keywords: | LKPD, ekosistem, kecerdasan jamak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57072 |