Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Kecerdasan Jamak Kelas V SDN 044832 Lingga

Mulyanda, Bernette (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Kecerdasan Jamak Kelas V SDN 044832 Lingga. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186182030 COVER.pdf] Text
1. NIM. 8186182030 COVER.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 2. NIM. 8186182030 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 8186182030 APPROVAL SHEET.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 3. NIM. 8186182030 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 8186182030 ABSTRACT.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4. NIM. 8186182030 PRREFACE.pdf] Text
4. NIM. 8186182030 PRREFACE.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5. NIM. 8186182030 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 8186182030 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 6. NIM. 8186182030 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 8186182030 LIST OF TABLES.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7. NIM. 8186182030 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 8186182030 LIST OF FIGURES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8. NIM. 8186182030 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 8186182030 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 9. NIM. 8186182030 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 8186182030 CHAPTER I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 13. NIM. 8186182030 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8186182030 CHAPTER V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 14. NIM. 8186182030 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 8186182030 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden belum pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak dalam materi subtema ekosistem. 2) validasi ahli materi meliputi dan validasi ahli desain pembelajaran. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 88,33 dengan kreteria sangat baik dan hasil validasi oleh ahli materi mandapatkan skor rata-rata 89,73 dengan kreteria sangat baik. 3) Uji coba produk pembelajaran berupa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak terhadap responden 41 siswa yang terdiri dari 3 orang guru kelas yang mendapat hasil rata-rata 84, 94% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak mengalami peningkatan hasil belajar yakni 14,83% dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan kecerdasan jamak dapat menngkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa belajar lebih mandiri, aktif dan mengandung unsur tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Mul p
Keywords: LKPD, ekosistem, kecerdasan jamak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 May 2024 02:33
Last Modified: 20 May 2024 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57072

Actions (login required)

View Item
View Item