Silaban, Vera (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR DESAIN SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103341039 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 5103341039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. NIM. 5103341039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 5103341039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 5103341039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 5103341039 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 5103341039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5103341039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 5103341039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM. 5103341039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 5103341039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Dasar Desain siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK N Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskiptif korelasional. Terdapat dua variabel yang akan diteliti, yang menjadi variabel bebas adalah kemandirian belajar (X) sedangkan yang menjadi variabel terikat yaitu hasil belajar Dasar Desain (Y). Adapun mengumpulkan data dilakukan dengan dua cara, yaitu penyebaran angket dan pemberian test hasil belajar Dasar Desain.
Hasil uji persyaratan analisis data diatas diperoleh bahwa data kemandirian belajar dan data hasil belajar dasar desain terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tingkat kemandirian siswa kelas X tata busana di SMK N 8 Medan berada pada tingkat kecenderungan cukup dan hasil analisis data penelitian hasil belajar dasar desain kelas X SMK N 8 Medan berada pada tingkat cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X jurusan tata busana SMK N 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari nilai rxy = 0.763 dan harga thitung > ttabel (12,150 > 1.983) sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain siswa kelas X jurusan tata busana SMK N 8 Medan dapat diterima atau teruji kebenaranya.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X jurusan tata busanaTata Busana SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 002 |
Keywords: | Kemandirian; Hasil Belajar;Dasar Desain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:49 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5706 |