SITUNGKIR, RATIH M. (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK SWASTA ARINA SIDIKALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142014_Cover.pdf
Download (65kB)
7193142014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (283kB)
7193142014_Kata_Pengantar.pdf
Download (187kB)
7193142014_Abstrak.pdf
Download (191kB)
7193142014_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
7193142014_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
7193142014_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
7193142014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
7193142014_BAB_I.pdf
Download (428kB)
7193142014_BAB_V.pdf
Download (171kB)
7193142014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (151kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpiir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL di SMK Swasta Arina Sidikalang tahun ajaran 2023/3034 melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Arina Sidikalang Tahun Ajaran 2023/2034. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL yang berjumlah 28 Orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Dari lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (35,71%) yang tergolong kritis dan sangat kritis. Pada siklus II siswa yang tergolong dalam kategori kritis dan sangat kritis menjadi 23 orang (82,14%) dan dari hasil siklus II telah diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 80%. Dan dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar peserta didik dengan siswa yang tuntas berjumlah 2 siswa (7,14%) dalam Pre-test, dan post-test siklus I menghasilkan 16 siswa (57,14%) yang memenuhi standar KKM. Sedangkan pada post-test ke II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 25% sehingga siswa yang lulus berjumlah 23 siswa (82,14%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥80%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMK Swasta Arina Sidikalang Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Think Pair Share. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:47 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57039 |