IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK SWASTA ARINA SIDIKALANG

SITUNGKIR, RATIH M. (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK SWASTA ARINA SIDIKALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193142014_Cover.pdf] Text
7193142014_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7193142014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193142014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7193142014_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193142014_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 7193142014_Abstrak.pdf] Text
7193142014_Abstrak.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 7193142014_Daftar_Isi.pdf] Text
7193142014_Daftar_Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7193142014_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193142014_Daftar_Tabel.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7193142014_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193142014_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 7193142014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193142014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7193142014_BAB_I.pdf] Text
7193142014_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 7193142014_BAB_V.pdf] Text
7193142014_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 7193142014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193142014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpiir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL di SMK Swasta Arina Sidikalang tahun ajaran 2023/3034 melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Arina Sidikalang Tahun Ajaran 2023/2034. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL yang berjumlah 28 Orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Dari lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (35,71%) yang tergolong kritis dan sangat kritis. Pada siklus II siswa yang tergolong dalam kategori kritis dan sangat kritis menjadi 23 orang (82,14%) dan dari hasil siklus II telah diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 80%. Dan dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar peserta didik dengan siswa yang tuntas berjumlah 2 siswa (7,14%) dalam Pre-test, dan post-test siklus I menghasilkan 16 siswa (57,14%) yang memenuhi standar KKM. Sedangkan pada post-test ke II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 25% sehingga siswa yang lulus berjumlah 23 siswa (82,14%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥80%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMK Swasta Arina Sidikalang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Think Pair Share.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 22 May 2024 01:47
Last Modified: 22 May 2024 01:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57039

Actions (login required)

View Item
View Item