PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Ritonga, Rodiah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191131020_Cover.pdf] Text
4191131020_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4191131020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4191131020_Abstrak.pdf] Text
4191131020_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4191131020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131020_Kata_Pengantar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4191131020_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131020_Daftar_Isi.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 4191131020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131020_Daftar_Tabel.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4191131020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131020_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4191131020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4191131020_BAB_I.pdf] Text
4191131020_BAB_I.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 4191131020_BAB_V.pdf] Text
4191131020_BAB_V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4191131020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning/ldengan model pembelajaran langsung berbantuan video animasi pada materi larutan asam basa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI [PA 2 SIMA Negeri 7 Medan. Objek pada penelitian ini adalah Media Video Animasi yang akan di validasi oleh 1 Validator ahli media. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah 1) Penelitian dan pengumpulan data awal: 2) Observasi di sekolah SMA Negeri 7 Medan: 3) Perencaarl Penelitian: 4) Uji Validitas Tes terhadap peserta didik kelas XII IPA 5 di SIMA Negeri 7 Medan: 5) Uji Kemampuan awal peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI [PA 2 di SM.A Negeri 7 Medan, 6) Memulai penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada kelas eksperimen dan penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Langsung berbantuan media video animasi pada kelas kontrol di SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experiment Design (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan > ttabel (4:530242 > 1 :670649) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen dan kontrol sesudah terjadinya perlakuan_ Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan media video

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran PBL: Video Animasi: Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 05:04
Last Modified: 18 May 2024 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57007

Actions (login required)

View Item
View Item