Ritonga, Rodiah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191131020_Cover.pdf
Download (239kB)
4191131020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (277kB)
4191131020_Abstrak.pdf
Download (240kB)
4191131020_Kata_Pengantar.pdf
Download (229kB)
4191131020_Daftar_Isi.pdf
Download (406kB)
4191131020_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
4191131020_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
4191131020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (274kB)
4191131020_BAB_I.pdf
Download (584kB)
4191131020_BAB_V.pdf
Download (250kB)
4191131020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (330kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning/ldengan model pembelajaran langsung berbantuan video animasi pada materi larutan asam basa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI [PA 2 SIMA Negeri 7 Medan. Objek pada penelitian ini adalah Media Video Animasi yang akan di validasi oleh 1 Validator ahli media. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah 1) Penelitian dan pengumpulan data awal: 2) Observasi di sekolah SMA Negeri 7 Medan: 3) Perencaarl Penelitian: 4) Uji Validitas Tes terhadap peserta didik kelas XII IPA 5 di SIMA Negeri 7 Medan: 5) Uji Kemampuan awal peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI [PA 2 di SM.A Negeri 7 Medan, 6) Memulai penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada kelas eksperimen dan penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Langsung berbantuan media video animasi pada kelas kontrol di SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experiment Design (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan > ttabel (4:530242 > 1 :670649) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen dan kontrol sesudah terjadinya perlakuan_ Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan media video
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL: Video Animasi: Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:04 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57007 |