PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Hasibuan, Rizky Ananda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183321020_Cover.PDF] Text
4183321020_Cover.PDF

Download (53kB)
[thumbnail of 4183321020_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
4183321020_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (542kB)
[thumbnail of 4183321020_Abstrak.PDF] Text
4183321020_Abstrak.PDF

Download (477kB)
[thumbnail of 4183321020_Kata_Pengantar.PDF] Text
4183321020_Kata_Pengantar.PDF

Download (359kB)
[thumbnail of 4183321020_Daftar_Isi.PDF] Text
4183321020_Daftar_Isi.PDF

Download (2MB)
[thumbnail of 4183321020_Daftar_Tabel.PDF] Text
4183321020_Daftar_Tabel.PDF

Download (841kB)
[thumbnail of 4183321020_Daftar_Gambar.PDF] Text
4183321020_Daftar_Gambar.PDF

Download (642kB)
[thumbnail of 4183321020_Daftar_Lampiran.PDF] Text
4183321020_Daftar_Lampiran.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of 4183321020_BAB_I.PDF] Text
4183321020_BAB_I.PDF

Download (741kB)
[thumbnail of 4183321020_BAB_V.PDF] Text
4183321020_BAB_V.PDF

Download (476kB)
[thumbnail of 4183321020_Daftar_Pustaka.PDF] Text
4183321020_Daftar_Pustaka.PDF

Download (327kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku untuk terciptanya suasana belajar dan proses pembelajaran secara aktif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling terpilih kelas XI-D sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda yang sudah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perbedaan di kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitian adalah Two Group Pretest-Postest Design. Hasil pengujian berupa uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel ( ). Terdapat pengaruh model quantum teaching berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke dan terdapat pengaruh dari aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama sampai ketiga dengan hasil yaitu 72

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran quantum teaching, PhET simulations, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 04:55
Last Modified: 18 May 2024 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57005

Actions (login required)

View Item
View Item