Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Tema 6 Subtema 2 Dikelas III SDN 106158 Pematang Johar T. A 2023/2024

Purba, Yaumi Maghfira (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Tema 6 Subtema 2 Dikelas III SDN 106158 Pematang Johar T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311101_Cover.pdf] Text
1193311101_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1193311101_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311101_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193311101_Abstrak.pdf] Text
1193311101_Abstrak.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311101_Kata_Pengantar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311101_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311101_Daftar_Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311101_Daftar_Gambar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311101_Daftar_Tabel.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311101_Daftar_Lampiran.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_BAB_I.pdf] Text
1193311101_BAB_I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_BAB_V.pdf] Text
1193311101_BAB_V.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1193311101_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311101_Daftar_Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa tema 6 subtema 2 dikelas III SDN 106158 Pematang Johar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen yaitu yang mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah true experimental dengan katagori posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-a dan III-b berjumlah 48 siswa SDN 106158 Pematang Johar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-a dan III-b berjumlah 48 siswa SDN 106158 Pematang Johar. Berdasarkan hasil angket pada kelas III B sebagai kelas kontrol diketahui bahwa dari 24 siswa terdapat 13 siswa yang tingkat motivasi berada di bawah rata-rata dengan persentase 46%, sedangkan 11 siswa yang tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 54%. Dilihat dari rata-rata hasil angket siswa dikatakan tingkat motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Course Review Horay masih rendah. Sebagai kelas eksperimen diketahui bahwa dari 24 siswa terdapat 11 siswa yang tingkat motivasi berada di bawah rata-rata dengan persentase 46%, sedangkan 13 siswa yang tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 54% dengan nilai rata-rata sebesar 65. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa motivasi belajar siswa meningkat saat menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Hi diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai saat diberi perlakuan dengan rata-rata nilai saat tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horay; Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 May 2024 09:58
Last Modified: 17 May 2024 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57002

Actions (login required)

View Item
View Item