Purba, Yaumi Maghfira (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Tema 6 Subtema 2 Dikelas III SDN 106158 Pematang Johar T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311101_Cover.pdf
Download (209kB)
1193311101_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (9MB)
1193311101_Abstrak.pdf
Download (8MB)
1193311101_Kata_Pengantar.pdf
Download (7MB)
1193311101_Daftar_Isi.pdf
Download (8MB)
1193311101_Daftar_Gambar.pdf
Download (8MB)
1193311101_Daftar_Tabel.pdf
Download (8MB)
1193311101_Daftar_Lampiran.pdf
Download (8MB)
1193311101_BAB_I.pdf
Download (8MB)
1193311101_BAB_V.pdf
Download (8MB)
1193311101_Daftar_Pustaka.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa tema 6 subtema 2 dikelas III SDN 106158 Pematang Johar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen yaitu yang mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah true experimental dengan katagori posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-a dan III-b berjumlah 48 siswa SDN 106158 Pematang Johar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-a dan III-b berjumlah 48 siswa SDN 106158 Pematang Johar. Berdasarkan hasil angket pada kelas III B sebagai kelas kontrol diketahui bahwa dari 24 siswa terdapat 13 siswa yang tingkat motivasi berada di bawah rata-rata dengan persentase 46%, sedangkan 11 siswa yang tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 54%. Dilihat dari rata-rata hasil angket siswa dikatakan tingkat motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Course Review Horay masih rendah. Sebagai kelas eksperimen diketahui bahwa dari 24 siswa terdapat 11 siswa yang tingkat motivasi berada di bawah rata-rata dengan persentase 46%, sedangkan 13 siswa yang tingkat motivasi belajarnya berada di atas rata-rata dengan persentase 54% dengan nilai rata-rata sebesar 65. Dari hasil ini dapat dilihat bahwa motivasi belajar siswa meningkat saat menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Hi diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai saat diberi perlakuan dengan rata-rata nilai saat tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Course Review Horay; Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 May 2024 09:58 |
Last Modified: | 17 May 2024 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57002 |