PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA

Nasution, Ibrahim Yusup (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311002_Cover.pdf] Text
4193311002_Cover.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 4193311002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 4193311002_Abstrak.pdf] Text
4193311002_Abstrak.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 4193311002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311002_Kata_Pengantar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193311002_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311002_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4193311002_BAB_I.pdf] Text
4193311002_BAB_I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193311002_BAB_V.pdf] Text
4193311002_BAB_V.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 4193311002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Learning di kelas VIII-1 lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkandengan model pembelajaran langsung di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Pantai Labu. Dan bagaimana proses kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang ditinjau dari proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Pantai Labu tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 210 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-3 sebanyak 61orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes PAM
sebanyak 15 butir soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik berbentuk uraian sebanyak 3 butir soal. Sebelum pengujian Hipotesis terlebih dahulu diuji Normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan Homogenitas tes
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada sampel. Dari hasil analisis data diperoleh diperoleh
nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan dengan mo del pembelajaran Problem-Based Learning adalah 63,439 dengan simpangan baku 8,0608 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung adalah 45,727 dengan simpangan baku 6,1296. Untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 9,649 dan ttabel = 2,001. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem-Based Learning di kelas VIII-1 lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Pantai Labu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Keywords: Problem-based learning; Pembelajaran langsung; Pemecahan masalah matematik; Bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 May 2024 09:59
Last Modified: 17 May 2024 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57001

Actions (login required)

View Item
View Item